PEMANDIAN AIR PANAS DI PANDEGLANG

Posted by EDUKASI KULTUR DAN WISATA on Thursday, December 22, 2016

PEMANDIAN AIR PANAS DI  PANDEGLANG
Adakah Pemandian Air Panas di  Pandeglang ? Dimana letak Pemandian Air Panas di  Pandeglang? Pandeglang juga mempunyai pemandian air panas alami yang bersumber dari Gunung Karang. Pemandian ini diberi nama Pemandian Air Panas Gunung Torong Pandeglang dan Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang




Pemandian Air Panas Gunung Torong Pandeglang
Pemandian Air Panas Gunung Torong Pandeglang adalah tempat wisata yang terkenal dengan sumber air panas alami yang terletak di Kp Gunung Torong Desa Sukamanah Kecamatan Kaduhejo, merupakan salah satu wisata alam yang ada di kabupaten Pandeglang. Konon katanya umber air panas yang mengandung belerang itu diyakini bisa menyembuhkan penyakit rematik dan penyakit kulit lainnya.

Pemandian Air Panas Gunung Torong Pandeglang

Ternyata bukan hanya air panas saja yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, ada beragam pilihan permainan  untuk anak – anak hingga dewasa, mulai dari Water Boom, Flying Fox dan beragam jenis permainan lainnya. Juga menyajikan Rumah Makan Khas Sunda serta Kolam Pemancingan.

Untuk menarik wisatan ke Banten, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, maksimalkan pengelolaan potensi wisata pemandian air panas alami Gunung Torong, dan diharapkan menjadi andalan Pandeglang. Adapun luas wilayah wisata alam gunung torong ini kurang lebih ¾ hektar lahan yang sudah dimanfaatkan, gunung torong didirikan pada tahun 2008 dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 Rupiah.

Lokasi Pemandian Air Panas Gunung Torong Pandeglang ini tidak jauh dari Alun-alun Kabupaten Pandeglang, kurang lebih berjarak 3.5 – 4 Kilo Meter dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit


Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang
Selain Gunung Torong, Pemandian Air Panas di  Pandeglang. Tidak jauh dari pemandian air panas Gunung Torong terdapat pemandian air panas Cisolong. Pemandian ini dikunjungi oleh banyak wisatawan, terutama pada hari libur. Lokasinya terletak di daerah Kampung Cisolong, tepatnya di Desa Sukamanah Kecamatan Kadu Hejo, Pandeglang Banten. Jika Anda berminat untuk datang ke sini, Anda tidak akan mengalami kesulitan karena letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Pandeglang, yaitu sekitar 10 km dan sekitar 5 km dari Labuan Jalan Raya Pandeglang.

Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang


Di tempat wisata Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang ini, banyak juga orang yang datang untuk mengobati berbagai penyakit seperti halnya penyakit kulit, pengakit tulang, dan penyakit lain yang dipercaya dapat disembuhkan dengan air panas yang bersumber dari Gunung Karang tersebut.

Yang jelas, tempat ini tentu akan jadi tempat mengasyikkan untuk Anda yang senang berlibur dengan keluarga sehingga kegembiraan semakin menjadikan liburan menjadi bermakna. Anda tidak hanya bisa datang bersama orang dewasa saja karena di pemnadian air panas ini juga terdapat tempat permainan bagi anak-anak. Anda yang datang bersama anak-anak tentu tidak perlu khawatir jika anak-anak tidak dapat menikmati rekreasi di sini. Kolam pemandian air panas di sini termasuk luas sehingga meskipun banyak wisatawan datang ke sini, namun Anda tidak akan merasa terlalu sesak.

Tempat ini biasanya ramai dikunjungi pada sore hari, dari mulai jam empat sore sampai jam sembilan malam dengan jam buka selama 24 jam. Pengunjung pemandian air panas Cisolong ini juga bisa menikmati relaksasi air panas alami dengan suasana yang cukup menenangkan karena di sana juga terdapat pepohonan, seperti halnya pohon rambutan, kecapi, durian, sampai pohon bambu.

Bukan hanya tubuh Anda saja yang bisa merasakan relaksasi, mata dan pikiran juga dapat terelaksasi dengan suasana dan pemandangan alami pematang sawah yang mengelilingi area pemandian air panas ini. Anda juga dapat menikmati pemandangan hijau Gunung Karang sebagai gunung paling tinggi di Banten.

Pemandian air panas Cisolong Pandeglang ini sudah ada sejak tahun 2008 dengan jumlah tiga kolam pemandian dan suhu paling panas sebesar 70 derajat Celcius. Namun, kolam paling panas itu tidak dipergunakan untuk berenang, melainkan sebagai sumber aliran untuk diteruskan ke kolam lainnya. Anda perlu berjalan kaki sejauh 100 meter dari tempat parkir sampai ke kolam.




Blog, Updated at: 6:59 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

---------------------------------

---------------------------------

---------------------------------



CB