SITUS DAN PEMANDIAN CITAMAN PANDEGLANG

Posted by EDUKASI KULTUR DAN WISATA on Tuesday, December 20, 2016

Untuk Anda yang ingin berlibur sekaligus mendapatkan peninggalan sejarah (situs), Berkunjung ke Situs dan Pemandian Citaman yang berlokasi Kampung Cigadung, Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten ini bisa menjadi alternatif wisata yang paling pas. 




Rute menuju Situs Citaman yang Juga Sekaligus Pemandian Citaman Pandeglang sangatlah mudah. Hal ini disebabkan karena tujuan wisata yang satu ini sudah mulai dikenal banyak orang sehingga papan petunjuk ke kawasan ini pun bisa Anda temukan dengan mudah. 

SITUS DAN PEMANDIAN CITAMAN PANDEGLANG


Untuk mencapai  situs dan sekaligus obyek wisata pemandian Citaman kita harus jalan sekitar 200 meter dari jalan dan menyusuri sungai yang airnya jernih. Selain mandi atau berenang di kolam tersebut, pengunjung juga bisa melihat  situs-situs peninggalan zaman dulu, seperti batu goong, batu dakon, batu lumpang, dan lainya.

Udara di sekitar kolam juga sangat segar. Aroma angin pedesaan begitu kental terasa. Apalagi di sisi-sisi pemandian dan pesawahan, hutan, dan juga Gunung Pulosari yang menambah kesan eksotis pedesaan masa lampau. Suasana alami di pamandian sangat terasa alami karena air keluar dari celah batu-batu alam yang tersusun rapih tanpa ada tembok. Lokasinya yang jauh dari keramaian kota memberikan kedamaian saat mencoba untuk beristirahat dan menepi sejenak dari rutinitas sehari-hari.

SITUS DAN OBYEK WISATA PEMANDIAN CITAMAN PANDEGLANG 


Sejarah mencatat Situs dan sekaligus obyek wisata Pemandian mata air Citaman, Pandeglang baru dilakukan penelitian pada tahun 1996 oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang ( BP3S). Hasilnya di Pemandian Citaman terdapat benda-benda purbakala berupa Batu berlubang disebut oleh Masyarakat setempat dengan Batu Quran, terdapat pula Batu Lumpang, Batu Bergores, Pecahan Kramik asing abad VIII, Pecahan batu Pipisan, Pecahan Batu Alu batu dan benda cagar budaya lainnya, Yang lebih unik dipemandian mata air Citaman adalah adanya Batu Dakon berlubang 13 (tiga belas). Itulah sebabnya Citaman dinamakan Situs dan Pemandian Citaman Pandeglang

Mitos Khasiat Mandi di Pemandian Citaman, Pandeglang

Berdasarkan cerita masyarakat (mitos) lokasi pemandian mata air Citaman merupakan tempat mandinya masyarakat yang berkeinginan khusus  seperti Pengobatan macam macam Penyakit, kenaikan Derajat, Kadugalan dan Kabedasan,  Kecantikan, dll.


Blog, Updated at: 10:17 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

---------------------------------



---------------------------------

---------------------------------

INFO PALING BANYAK DICARI MINGGU INI

CB