SITUS MENHIR BATU LINGGA, PANDEGLANG

Posted by EDUKASI KULTUR DAN WISATA on Wednesday, December 14, 2016

Apa dan di mana Situs Menhir Batu Lingga, Pandeglang. Sebelumnya tahu Anda apa yang dimaksud situs? Dalam kajian sejarah atau budaya situs adalah tempat ditemukannya benda-benda bersejarah. Jadi situs di sini maksud bukan alamat web ya, tapi tempat-tempat yang bersejarah. Nah, kali ini admin mengajak pembaca untuk mengenali Situs Menhir Batu Lingga yang berada di Kabupaten Pandeglang

SITUS MENHIR BATU LINGGA, PANDEGLANG


Situs Menhir Batu Lingga yang berada di Kabupaten Pandeglang merupakan satu jenis peninggalan tradisi masa megalitik. Seperti diketahui dalam ilmu sejarah, menhir  berasal dari bahasa  Breton ( Perancis Utara) yakni “men” yang berarti batu, “hir” berarti  berdiri, apabila diartikan secara harfiah dapat bermakna sebagai batu berdiri atau batu tegak.




Lalu dimana letak Situs Menhir Batu Lingga, Pandeglang? Situs Menhir Batu Lingga yang berada di Kampung Batu Lingga, Desa Kadulimus, Kecamatan Banjar, terletak di komplek perkuburan umum seluas sekitar 300 M2. Ukuran batu lingga ini memiliki tinggi sekitar 100 cm dengan diameter sekitar 40 cm.

Berdasarkan hasi kajian, Diduga Menhir Batu Lingga ini dahulu dipergunakan sebagai sarana penghormatan, atau tempat pemujaan  serta pusat persinggahan kedatangan  roh dan sekaligus sebagai perlambang si mati itu sendiri. Tidak jarang juga menhir  berfungsi sebagai simbol sosial ekonomi si mati.


Apakah Anda berminat melihat Situs Menhir Batu Lingga? Jika ya, untuk menuju lokasi Situs Menhir Batu Lingga ini diperkiraan  jarak yang harus ditempuh sekitar 10 km dari Ibu Kota Kabupaten Pandeglang atau sekitar 33 km dari Ibu Kota Provinsi Banten. 


Blog, Updated at: 8:47 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

---------------------------------



---------------------------------

---------------------------------

INFO PALING BANYAK DICARI MINGGU INI

CB