TEMPAT WISATA DI ANYER, BANTEN

Posted by EDUKASI KULTUR DAN WISATA on Sunday, December 18, 2016

Anda akan liburan, apakah Anda ingin tahu tempat, pantai, hotel yang menarik untuk digunakan liburan? Jika ya simak penjelasan berikut tentang tempat, pantai dan hotel yang digunakan untuk Liburan akhir pekan, liburan idul fitri, liburan natal, liburan tahun baru dll  yang berada di sekitar Anyer dan Banten.




Kalau mendengar nama Anyer, pasti akan langsung terbayang dengan wisata pantai yang indah. Ya, Pantai Anyer sudah sangat populer di kalangan wisatawan dari dalam dan luar kota Banten. Nah, di sekitar Anyer juga ada banyak obyek wisata, lho. Berikut obyek wisata Anyer dan sekitarnya yang dapat anda jadikan referensi liburan.

  1. Pantai Anyer
Pantai Anyer
Pantai yang termasuk wisata favorit di Banten ini mempunyai hamparan pasir putih luas membentang dengan ombak yang tenang. Salah satu tempat wisata di Banten yang ramai dikunjungi wisatawan atau pelancong. Beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan ketika berlibur kemari antara lain berenang, banana boat, main pasir, snorkeling, diving, jetski, sampai dengan jalan menikmati indahnya pantai. Tak hanya itu saja, terdapat area perkemahan di sekitar Pantai Anyer. Sebetulnya Pantai Anyer terdiri atas beberapa pantai dengan nama yang berbeda-beda, akan tetapi karena lokasinya di garis pantai yang sama, orang-orang menganggap semuanya adalah kawasan Pantai Anyer.
Pantai Anyer lokasinya ada di kecamatan Anyer, kabupaten Serang dan ada di provinsi Banten. Jadi asal usul Pantai Anyer itu mengambil nama salah satu kecamatan  Anyer yang ada di kabupaten Serang provinsi Banten. Hal itu juga disesuaikan dengan kecamatan Ayer sendiri kebanyakan ada di pinggir pantai.

  1. Pantai Sambolo
Pantai Sambolo
Apabila anda menyukai olahraga air, anda bisa memilih Pantai Sambolo sebagai destinasi wisata. Mengajak keluarga untuk berlibur di sini, tentu akan sangat menyenangkan. Aktivitas yang bisa dilakukan tatkala berada di sini antara lain adalah berenang, selancar, menikmati kuliner di sekitar kawasan Sambolo. Keindahan pantai yang mempesona dengan pasir putihnya, membuat kita betah untuk tinggal lebih lama.
Untuk menuju ke pantai ini sangat mudah, rute terdekat bisa diambil dari Jakarta. Berikut ini adalah rutenya :
  • Berangkat dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi terutama mobil aksesnya cukup mudah.
  • Pengunjung masuk ke tol Tangerang Merak kemudian keluar di daerah Cilegon Barat.
  • Ikutilah jalan yang menuju arah Anyer. Keluar dari Cilegon Barat anda bisa belok kiri.
  • Saat mealui jalan menuju ke arah Anyer, anda bisa menemukan kawasan industri PT. Krakatau Steel yang bisa anda temukan di jalur Cilegon.
  • Saat menemukan PT tersebut itu tandanya jarak menuju ke Pantai Sambolo tidak lama lagi. 

  1. Pantai Marina
Pantai Marina
Pantai Marina sangat pas bagi anda yang senang dengan wahana permainan air karena di sini terdapat banyak permainan air. Lebih dari yang ada di Pantai Sambolo. Anda bisa puas menikmati beragam wahana yang tersedia. Selain itu keunggulan dari obyek wisata Pantai Marina adalah tersedianya sarana akomodasi berupa penginapan, villa, atau resort, yang memadai dan banyak pilihannya. Fasilitasnya pun tergolong lengkap, jadi kita akan nyaman saat berwisata.
Selama ini Anyer memang terkenal dengan wisata pantainya, lihat saja banyak sekali wisata pantai yang ada di Anyer ini. Keunggulan pantai ini dibandingkan dengan pantai pantai lainnya yang ada di Anyer adalah Pantai Marina ini memiliki permainan dan olahraga yang lebih banyak. Sehingga anda yang datang kesini bisa melakukan kegiatan permainan dan olahraga tersebut secara bersama sama sehingga liburan akan terasa lebih menyenangkan.

  1. Pantai Marbella
Pantai Marbella
Wisata pantai ini dinamakan Pantai Marbella karena lokasinya memang tepat ada di depan hotel bintang lima tepi pantai bernama Hotel Marbella. Pantai Marbella memiliki suasana yang bersih dengan saung yang banyak di tepi pantainya. Pantai yang dekat dengan Pantai Sambolo ini ramai dikunjungi terlebih ketika liburan tiba. Dan tempat ini pun cocok untuk wisata romantis pengantin baru. Kebanyakan pantai yang ada di Anyer Banten sering disebut sesuai dengan lokasinya misalnya saja adalah Pantai Marbella. Pantai ANyr disebut sebagai pantai ANyer dikarenakan ada di kecamatan Anyer. Sedangkan pantai ini berada di depan hotel, apartemen dn kondominium Marbella.
Wisatawan yang datang kesini akan dimanjakan dengan wisata kulinernya berupa hidangan laut dan juga es kelapa hijau yang menyegarkan. Bagi yang ingin membawa oleh oleh, disekitar pantai ini juga ada banyak sekali oleh oleh yang bisa dibawa pulang misalnya saja adalah kaos dan baju. Tato temporary pun bisa dilakukan disini.

  1. Pantai Pasir Putih Florida
Pantai Pasir Putih Florida
Destinasi wisata di Anyer-Banten yang populer selanjutnya adalah Pantai Florida. Hamparan pasir putihnya lebih luas dibandingkan pantai lain di Banten. Dari sinilah kita dapat melihat pemandangan matahari tenggelam yang menakjubkan serta pesona pantai nan cantik. Aktivitas lain yang dapat dilakukan ketika liburan kemari adalah bermain dan santai di tepi pantai atau main voli pantai. Harga tiketnya Rp 10.000,- per orang.
Sama seperti dengan namanya, pantai ini memiliki pasir putih yang bersih serta terjaga kebersihannya. Psir putih yang ada disini sangat indah. Sepanjang mata memandang hanya ada hamparan pasir putih yang membentang luas. Di pesisir pantai pun ada pepohonan yang rindang dan sejuk sehingga pengujung bisa betah berlama lama ada di pantai tersebut. Berbeda dengan pantai yang berhawa panas sebab tidak ada pepohonan yang ada di pinggir pantai itu.

  1. Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong
Salah satu tempat wisata unik Banten lainnya bernama Pantai Karang Bolong. Pada jaman dahulu, nama pantai ini bukanlah Karang Bolong melainkan Karang Suraga yang merupakan nama orang pintar dengan ilmu tinggi yang dahulu pernah bertapa di tempat tersebut sampai akhir hayat. Akan tetapi lama kelamaan, pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Karang Bolong dikarenakan di sekitar pantai memang terdapat sebuah karang besar yang berlubang (Karang Bolong). Perkiraan para ahli, terbentuknya lubang karena adanya pengikisan oleh air laut dalam jangka waktu panjang.
Akan tetapi ada juga yang menyatakan bahwa terbentuknya lubang di karang itu disebabkan letusan Gunung Krakatau. Hingga kini penyebab pasti Karang Bolong itu belum diketahui. Kegiatan yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Karang Bolong antara lain adalah berpiknik seraya menikmati indahnya pantai dengan menggelar tikar sambil santai, kalau air laut tengah surut kita bisa menyusuri bebatuan karang yang tak tenggelam, main perahu dan banana boat, tracking ke puncak karang serta melihat indahnya Gunung Anak Krakatau dari jauh. Namun sayangnya di pantai ini tak boleh berenang, karena banyak batu karang. Tetapi jangan khawatir, bagi anda yang masih ingin berenang, bergeserlah ke kanan karena di sini ada pantai yang berpasir dapat dipakai untuk berenang.

  1. Pantai Carita
pantai carita
Pantai Carita tentunya tidak asing lagi di telinga anda. Pantai yang populer di Banten ini sangat ramai terlebih ketika akhir pekan. Bukan hanya turis lokal yang berkunjung, tetapi juga pelancong luar negeri. Pasca terjadinya tsunami yang menerjang Aceh, lokasi wisata yang satu ini sempat sepi pengunjung. Mereka merasa khawatir akan terjadi hal serupa di Carita. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, pantai ini kembali padat pengunjung. Pantai ini letaknya tak jauh dari Anyer. Pantai ini dibuka untuk publik oleh pemerintah setempat sejak tahun 1978 silam, pernyataan tersebut diperkuat dengan surat keputusan resmi dari pemerintah kota Banten.
Selain Pantai Anyer, pantai Carita ini pun dijadikan sebagai ikon dari Kota Anyer, Banten. Saat seseorang menyebutkan Banten maka yang diingat adalah Pantai Anyer dan juga Pantai Carita.  Pantai Carita ini dijadikan sebagai destinasi wisata ketika weekend atau ketika iburan sekolah tiba. Tidak mengherankan jika saat liburan tiba pantai ini selalu padat dipenuhi dengan wisatawan.
Alamat : Jalan Raya Pandeglang-Labuan, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

  1. Pulau Merak Besar dan Merak kecil
Pulau Merak Besar
Pulau yang terletak tepat di depan Pelabuhan Merak-Bakauheni ini memiliki luas sekitar 20 hektar. Pulau Merak Besar mempunyai beberapa fungsi, diantaranya adalah hutan lindung, penahan gelombang ke arah Pelabuhan Merak, melindungi Terminal Terpadu Merak serta pelabuhan ferrynya. Pulau Merak besar masih alami dan tidak ada penghuninya. Pulau ini pun punya kekayaan laut dan flora fauna, serta bebatuan. Ketika datang kemari kita juga dapat menemukan adanya koral Situs Tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada 1883 silam. Dari pusat Kota Cilegon kita membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Pulau Merak Besar.
Letak Pulau Merak Kecil dekat dengan Pelabuhan Merak (sekitar 1 km). Kita dapat mencapai pulau ini dengan mudah naik perahu motor. Pulau ini termasuk dalam gugusan Pulau Merak Besar dan luasnya kurang lebih 4,62 hektar. Pulau ini mempunyai fungsi sebagai penahan ombak laut, menghalanginya masuk ke Pelabuhan Merak.

  1. Waduk Krenceng
Waduk Krenceng
Tempat wisata selanjutnya adalah Waduk Krenceng. Tempat ini ketika bulan ramadhan tiba akan ramai dimanfaatkan sebagai tempat ngabuburit. Waduk yang tergolong luas, apabila kita melihatnya akan memberi kesan tenang dan damai. Yang dilihat sejauh pandangan mata kita hanyalah waduk berbentuk lingkaran dengan air yang jernih.
Waduk ini tak hanya ramai dikunjungi oleh warga sekitar saja, akan tetapi juga orang-orang dari luar kota, banyak yang datang untuk melihat keindahan Waduk Krenceng. Waduk Krenceng akan ramai mulai pukul16.00. Kita akan disambut dengan semilir angin sepoi-sepoi yang sejuk saat tiba di lokasi waduk.
Selain itu ada banyak penjaja makanan dan bermacam benda yang dapat dijumpai sepanjang tempat wisata ini, antara lain adalah penjual es dan siomay, timun suri, stiker, sampai penjual VCD, semua ada. Meski banyak pengunjung yang datang tiap harinya, kebersihan lokasi wisata ini tetap terjaga dengan baik. Fungsi waduk selain sebagai tempat rekreasi, juga menjadi penampung air Sungai Rawa Dano. Alamat : Desa Krenceng.

  1. Gunung Batur
gunung Batur
Lokasi wisata selanjutnya adalah Gunung Batur. Apabila kita tempuh dari pusat Kota Cilegon jaraknya sekitar 8 km, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Tempat ini adalah salah satu tujuan wisata agro dengan orientasi pada wisata minat khusus, diantaranya layang gantung, camping, hiking, mempelajari flora fauna dan lain sebagainya. Alamat : Kecamatan Pulomerak.

Gunung Batur ini selalu dijadikan sebagai trek pendakian bagi pecinta alam. Gunung Batur ini berada di dalam kawasan kecamatan Pulomerak. Untuk sampi kesini pengunjung membutuhkan waktu sekitar 1 jam lamanya jika perjalanan sedang macet macetnya. Jika tidak macet bisa ditempuh dalam waktu 30 menit walaupun tidak mungkin 30 menit. Gunung Batur adalah suatu tempat tujuan wisata Agro atau aagrowisata, dan mengacu pada wisata minat khusus, seperti :  Camping Area, Study Flora dan Fauna, Hiking, Jogging, dan gantole. Sambutan penduduk yang ada di kampung Gunung Batur sangat ramah dan murah senyum sehingga membuat wisatawan akan betah berada disana.

  1. Krakatau Country Club
Krakatau Country Club
Ini adalah pusat wisata yang lokasinya berada di tengah Kota Cilegon. Pengelolanya adalah anak perusahaan Krakatau Steel. Fasilitas yang dapat kita temukan di lokasi Krakatau Country Club antara lain padang golf, hotel, tempat karaoke, kolam renang, spa dan sauna, sampai dengan lapangan tenis. Nama tempat wisata ini diambil dari club renang krakatau yang ada di Banten. Dulunya kolam renang yang ada di KCC hanya untuk club kolam renang krakatau saja. KCC dulunya juga sering dimanfaatkan sebagai media untuk event lomba yang berhubungan dengan renang di kota Cilegon Banten. Hal itu dikarenakan kolam renang yang ada disini sesuai dengan standar nasional. Namun kini kolam renang tersebut terbuka untuk umum atau publik.

Kolam renang yang ada disini terbagi menjadi dua bagian, satu untuk dewasa dan yang satu untuk anak anak. Anak anak memiliki kedalaman air sekitar 60 cm dan di tengah kolam renang itu ada perosotan airnya. Meski kolam renang itu aman untuk anak anak, sebaiknya anda tetap mengawasi anak anda yang sedang bermain air di tempat ini.

  1. Pulau Sangiang
Pulau Sangiang
Pulau Sangiang adalah taman wisata laut yang ada di Banten. Oleh para wisatawan yang berkunjung, tempat ini pun dijuluki Seven Wonders of Banten. Sesuai dengan julukan yang diberikan, Pulau Sangiang memiliki panorama alam yang memukau. Ada pantai indah dengan pasir putih dan air laut jernih, antara lain Tanjung Raden, Batu Mandi, Pasir Panjang dan Legon Waru. Beraneka ragam tanaman khas contohnya cemara laut, ketapang bayur, waru laut, walikukum, dadap laut, dan nyamplung.


Bermacam hewan yang dilindungi pun dapat kita saksikan di pulau ini, diantaranya, bermacam biota laut, elang laut, belibis, camar, dara laut. Ditambah dengan pepohonan hijau yang tumbuh di pantai, membuat Pulau Sangiang makin tampak mempesona. Beragam kegiatan yang dapat kita lakukan saat liburan ke Sangiang yaitu menyelam dan snorkeling, serta berwisata ke Gua Kelelawar yang ada dekat Pulau Sangiang. Apabila anda mengunjungi Pantai Tanjung Raden, anda dapat menyaksikan indahnya beragam biota laut memakai glass bottom boat. Untuk mencapai Pulau Sangiang, anda dapat menempuh perjalanan selama 2 sampai 3 jam ke Anyer, barulah menyeberang ke Sangiang. Butuh waktu kurang lebih 1 jam untuk menyeberang. Banyak juga jasa travel yang menawarkan wisata ke Sangiang, tarifnya berkisar antara Rp 400.000,- sampai dengan Rp 600.000,- per orang. Jika ingin snorkeling, perlengkapannya pun dapat anda sewa di lokasi. Alamat : Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

  1. Rawa Dano
Rawa Dano
Rawa Dano dikenal juga dengan nama Cagar Alam Rawa Danau. Jika ditempuh dari Jakarta, jaraknya sekitar 101 km. Di tempat wisata ini banyak terdapat rawa dan ada pula danaunya. Luas Rawa Dano sekitar 2.500 hektar. Aneka macam pepohonan banyak tumbuh di sini. Hewan-hewan yang ada di Rawa Dano antara lain adalah berbagai reptil, setidaknya ada 250 jenis burung yang habitatnya adalah Rawa Dano. Rawa ini disebut sebagai rawa yang langka di dunia sebab di dunia ini hanya ada dua jenis rawa seperti ini di Barazil dan juga di Rawa Dano Banten.

Rawa Dano ini sangat misterius. Banyak mitos yang berkembang di Rawa Dano ini. Masyarakat setempat meyakini bahwa RAwa Dano erat dengan kaitannya dengan pesugihan Buaya Putih. Untuk sampai ke lokasi Rawa Dano dapat ditempuh lewat 3 jalur, antara lain adalah Jakarta-Serang-Padarincang-Rawa Dano, lewat jalur Serang-Anyer-Cinangka, lewat jalur Cilegon-Anyer.


  1. Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon merupakan kawasan konservasi alam yang ada di Indonesia dan berperan penting untuk dunia. Beberapa daya tarik obyek wisata ini adalah adanya hutan tropis dataran rendah yang mempesona serta badak bercula satu. Taman Nasional Ujung Kulon ini menjadi salah satu rumah yang aman bagi Badak Jawa yang dilindungi, terkenal dan juga hampir saja punah.

Taman Nasional Ujung Kulon adalah habitat alami dari bermacam hewan yang dilindungi. Contoh hewannya yaitu badak jawa, banteng, babi hutan, kukang, beraneka ragam burung dan primata, rusa, sampai dengan kijang. Untuk menuju lokasi ini bisa menggunakan perahu. Fasilitas yang ada di Ujung Kulon antara lain jaringan listrik, air, telekomunikasi yang baik, penginapan, pusat informasi, sampai dengan sarana transportasi juga lengkap. Taman Nasional Ujung Kuon ini pun sudah dinobatkan sebagai Natural World Heritage Site oleh UNESCO sejak tanggal 1 Februari 1992.

  1. Pulau Umang
Pulau Umang
Pulau Umang terkenal dengan keindahan pantainya. Pulau ini letaknya tak jauh dari obyek wisata Tanjung Lesung. Ada sebuah resort yang memiliki sentuhan artistik alami di Pulau Umang. Fasilitas yang ditawarkan oleh resort tersebut antara lain ruang pertemuan, spa, sunset lounge, kolam renang, dan lain-lain.

Luas lokasi wisata ini kurang lebih 5 hektar. Pengelola lokasi wisata adalah perusahaan swasta yang melengkapinya dengan beragam fasilitas rekreasi dan hiburan untuk pengunjung yang tengah liburan di sini. Untuk dapat sampai ke lokasi wisata, cukup mudah. Tersedia penyewaan mobil dari Jakarta ke Pulau Umang yang memang khusus disediakan pihak pengelola. Selain itu, akan mudah menjangkaunya dari Ujung Kulon.



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 4:06 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

---------------------------------



---------------------------------

---------------------------------

CB