TEMPAT WISATA DI BENGKULU YANG COCOK UNTUK LIBURAN

Posted by EDUKASI KULTUR DAN WISATA on Tuesday, December 13, 2016

Sudahkan menentukan Tempat Wisata Untuk Liburan? Jika belum ada baik Anda pergi berwisata ke Bengkulu. Di Bengkulu banyak Tempat Wisata favorit yang dapat digunakan Untuk Libur Akhir Pekan, Libur Natal atau liburan Tahun Baru 2017 2018 2019 2020



Tempat Wisata di Bengkulu Untuk Libur akhir pekan,  Natal dan Perayaan Tahun Baru sangat beraneka ragam ada wisata alam, wisata pantai, kuliner dan lainnya. Tuk lebih jelasnya berikut ini tempat Wisata di Bengkulu Untuk Liburan akhir pekan, liburan Natal dan acara tahun baru 2017 2018








Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang di Kota Bengkulu ini merupakan sebuah tempat wisata yang sangat terkenal di Bengkulu. Kawasan wisata pantai ini berada di tempat yang strategis. Akses untuk menuju Pantai Panjang di Bengkulu ini juga tidaklah sulit. Dari pusat Kota Bengkulu anda hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk ke pantai Panjang ini. Tempat Wisata Pantai Panjang BEngkulu meiliki keistimewaan yaitu panjang pantai yang mencapai 7 km. Panjang sekali bukan ? Dengan pantai sepanjang ini maka pengunjung dapat mengeksplore setiap sudut pantainya dan menikmati pemandangan yang sangat indah tentunya. Anda tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang ada di Pantai Panjang ini, karena hampir semua fasilitas umum ada disini, dari mulai penginapan, restoran, cafe, dll. Pengunjung pantai dapat berjogging ria atau juga bermain voli pantai beserta teman dan rekan mereka.

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu


Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa salah satu daya tarik Kota Bengkulu adalah dahulu pernah dijadikan sebagai tempat pengasingan tokoh proklamator Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Sampai sekarang, tempat kediaman Bung Karno semasa pengasingan di Bengkulu ini masih terawat dengan baik. Bahkan anda dapat mengunjunginya untuk dapat mengenang dan mempelajari sejarah Republik Indonesia. Bung Karno menempati rumah pengasingan ini pada tahun 1938 - 1942. Banyak peristiwa sejarah yang berlangsung selama masa pengasingan di Bengkulu ini, salah satunya adalah di tempat inilah Bung Karno bertemu dengan Fatmawati, seorang gadis Bengkulu yang akhirnya dipinang Bung karno sebagai Istrinya. Ibu Fatmawati inilah yang kemudian menjahit Sang Saka Merah Putih untuk keperluan Proklamasi 17 Agustus 1945. 


Berikut ini Tempat Wisata di Bengkulu Untuk Akhir Pekan, Libur Natal dan Perayaan Tahun Baru 2017

Benteng Marlborough Bengkulu


Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng Marlborough merupakan sebuah benteng yang dibangun oleh East India Company (EIC) pada tahun 1713 - 1719. EIC merupakan sebuah perusahaan dagang yang dimiliki pedagang dariInggris. Pembangunan Benteng Marlborough ini dilakukan saat EIC dipimpin oleh Gubernur Joseph Callet. Seperti fungsi Benteng pada umumnya, Benteng Marlborough ini dibangun untuk mempertahankan wilayah Bengkulu dari serangan musuh. Pada waktu itu EIC sedang dalam usaha memonpoli perdagangan lada di wilayah tersebut. Saat ini Benteng Marlborough dijadikan sebagai wsiata sejarah untuk mengenang masa perjuangan pada waktu itu. Keberadaan Benteng Marlborough merupakan sebuah bukti dari eksistensi Penjajah Inggris di wilayah nusantara. 

Pantai Tapak Paderi Bengkulu

Pantai Tapak Paderi Bengkulu


Tempat wisata pantai di Bengkulu ini dulunya adalah pusat pelabuhan laut bagi Pemerintahan Inggris pada zaman kolonialisme berlangsung. Namun saat ini Pantai Tapak Paderi menjadi salah satu destinasi wisata yang tak mungkin dilewatkan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu. Pantai Tapak Paderi merupakan sebuah pantai yang masih dalam deretan Pantai Panjang di Bengkulu. pada saat musim liburan banyak sekali pengunjung yang memadati wisata pantai Tapak Paderi ini. Pengunjung dapat menikmati indahnya sunset di pantai yang menjadi daya tarik wisata tersendiri. Suguhan jagung bakar dan kuliner lainnya juga melengkapi pemandangan pantai yang sangat menawan ini.


Berikut ini Tempat Wisata di Bengkulu Untuk Akhir Pekan, Libur Natal dan Perayaan Tahun Baru 2017

Kota Curup Bengkulu

Kota Curup Bengkulu

Selain Rumah kediaman Bung Karno, ternyata Bengkulu juga masih memiliki tempat bersejarah lainnya. Salah satu tempat yang juga bersejarah di Bengkulu adalah di Kota Curup yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Di Kota ini terdapat rumah salah seorang Gubernur Pemerintahan Inggris yang sangat terkenal yaitu Raflesia Arnoldi. Raflesia Arnoldi juga dikenal dengan penemu bunga bangkai yang sampai sekarang masih hidup di Kebun Raya Bogor. Kota Curup memiliki pemandangan yang sangat indah, hal itu karena lokasi kota ini terdapat di ketinggian 100 - 1000 meter dpl. Kota Curup terdapat di atas pegunungan Bukit Barisan dengan pemandangan sekitar berupa ladang-ladang sayur yang diselimuti kabut khas pegunungan.

Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu



Masih di Kota Curup, kali ini kami akan membahas sebuah tempat wisata terindah di Bengkulu yaitu Danau Dendam Tak Sudah. Namanya danau ini cukup unik bukan ? Kawasan Danau ini berupa kawasan hijau yang ditumbuhi vegetasi yang lebat serta terdapat danau yang masih sangat asri. Kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan cagar alam yang menyimpan begitu banyak potensi ekologi untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Keberadaan cagar alam ini sangat penting karena dapat menjaga kelestarian tumbuhan yang terdapat didalamnya serta berbagai maam fauna yang secara alami tinggal dialamnya. Danau Dendam Tak Sudah telah dijadikan sebagai kawasan wisata di Bengkulu sudah sejak lama. Pengunjung biasa menikmati pemandangan air danau yang indah serta digunaka oleh pehobi memancing untuk memancing di danau.

Danau Mas Harun Bastari Bengkulu



Di daerah Rejang Lebong juga terdapat sebuah Danau yang tak kalah indahnya dari Danau dendam Tak Sudah. Nama Tempat wisata danau di Bengkulu ini adalah Danau Mas Harun Bastari. Danau Mas harun bastari terdapat di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Lokasi danau ini berada sekitar 17 km dari Kota Curup. Danau Mas Harun Bastari merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Bengkulu yang sangat digemari masyarakat, karena di tempat ini ada berbagai amcam permainan air yang dapat menghibur pengunjung. Di danau ini pengunjung dapat merasakan sensasi naik perahu keliling danau. Selain perahu ada juga sepeda air yang tak kalah serunya. 

Museum Negeri Bengkulu


Museum Negeri Bengkulu


Museum Negeri Bengkulu dulunya adalah sebuah museum yang terdapat di Benteng Marlborough, namun pada tanggal 3 Januari 1983 oleh pemerintah dipindah ke lokasi yang sekarang ini berada. Museum Negeri Bengkulu selain dijadikan sebagai tempat wisata juga merupakan tempat untuk menyimpan berbagai koleksi cagar budaya yang tentunya memiliki nilai yang tinggi. Koleksi-koleksi museum ini dikategorikan menjadi beberapa kategori, seperti geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, hingga teknologika.

Bukit Kaba Bengkulu

Bukit Kaba Bengkulu

Bukit Kaba merupkan sebuah bukit yang terdapat di gunung berapai yang terdapat di Bengkulu. Bukit Kaba di Bengkulu menyediakan berbagai panorama menarik yang sayang untuk dilewatkan. di lokasi ini ada 8 kawah gunung berapi yang 5 diantaranya tertutup oleh rimbunnya vegetasi. Untuk menikmati indahnya kawah di Bukit Kaba pengunjung harus melewati sekitar 307 anak tangga. Lokasi tempat wisata Bukit Kaba ini adalah di Desa Sumber Urip, KEcamatan Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Menaiki anak tangga di Bukit Kaba ini menimbulkansensasi tersendiri. Kebanyakan pengunjung akan berkemah agar dapat menikmati idahnya bukit barisan dari atas serta gemerlapnya Kota Curup di malam hari dilihat dari atas.

Berikut ini Tempat Wisata di Bengkulu Untuk Akhir Pekan, Libur Natal dan Perayaan Tahun Baru 2017

Pulau Tikus Bengkulu

Pulau Tikus Bengkulu

Pulau Tikus merupakan sebuah pulau yang masuk dalam wilayah Provinsi Bengkulu yang terdapat di Samudera Indonesia. Dahulu pulau ini digunakan oleh para pelaut untuk berlindung dari hantaman ombah dan badai yang ganas di Samudera Indonesia. Sekarang Pulau tikus lebih banyak digunakan sebagai tempat wisata di Bengkulu yang sangat potensial. Tempat wisata ini memiliki luas 1,5 ha. Wilayah pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang, sehingga tak heran pulau ini meskipun kecil tetapi masih kokoh berdiri, karena terumbu karang di sekitarpulau ini dapat mencegah terjadinya abrasi. Ada beberapa keindahan alam yang sangat menarik perhatian para wisatawan, diantaranya adalah pemandangan berupa hamparan batu karang yang indah serta ikan-ikan yang berada di sekitar pulau yang sangat beragam ini. Untuk menjangkau pulau Tikus di Bengkulu ini pengunjung dapat melalui Pantai Jakat kemudian menyewa kapal nelayan.Perjalanan dari sini memakan waktu 1 jam. Selain itu pengunjung juga dapat melalui Pelabuhan Pulau Baai kemudian menggunakan boat untuk menuju Pulau Tikus. Dengan cara ini anda hanya akan memakan waktu sekitar 40 menit.

Masjid Jamik Bengkulu



Masjid Jamik Bengkulu ini berada di Jalan Soeprapto, Bengkulu. Masjid ini merupakan salah satu peninggalan Bung karno selama diasingkan di Bengkulu. Menurut sejarah selama masa pengasingan, Bung Karno membangun Masjid Jamik Bengkulu ini bersama warga setempat. Masjid Jamik Bengkulu buatan Bung Karno ini menggunakan atap berbentuk limas yang melambangkan persatuan budaya Bengkulu dan Indonesia. 


Berikut ini Tempat Wisata di Bengkulu Untuk Akhir Pekan, Libur Natal dan Perayaan Tahun Baru 2017

Sungai Air Berau Bengkulu


Sungai Air Berau Bengkulu


Anda suka dengan petualangan ? Tempat wisata di Bengkulu ini nampaknya dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengisi liburan anda. Tempat wisata yang kami maksud adalah Sungai Air BErau dimana di tempat ini menyajikan sebuah aktifitas arung jeram yang sangat menantang. Lokasi sungai ini memiliki arus air yang sangat deras sehingga memang sangat cocok untuk melakukan arung jeram. Lokasi Sungai Berau terdapat di kabupaten Muko-muko, Bengkulu. Di Sungai Air Berau ini juga terdapat sebuah upacara adat yang unik yaitu upacara anak daro mandi ke air. Upacara ini merupakan upacara memandikan anak bayi yang baru lahir ke sungai ini. 


Demikian tadi berbagai tempat wisata di Provinsi Bengkulu yang sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama rakan dan keluarga anda. Semoga dengan artikel diatas dapat menambah informasi wisata bagi anda. Tentunya informasi tempat wisata di Bengkulu diatas hanya sebagian saja, karena diluar itu ada berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Disini kami hanya berusaha merangkum tempat wisata yang menurut kami paling bagus




= Baca Juga =



Blog, Updated at: 10:15 PM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

---------------------------------

---------------------------------

---------------------------------



CB