TEMPAT WISATA DI CILEGON BANTEN YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK PERAYAAN TAHUN BARU 2017

Posted by EDUKASI KULTUR DAN WISATA on Sunday, December 11, 2016

Anda ingin merayakan tahun baru 2017 di Cilegon Banten? Berikut ini Tempat Wisata di Cilegon Banten Yang dapat Digunakan Untuk Perayaan Tahun Baru 2017. 


1. Gunung Batu Lawang
Gunung Batu Lawang adalah kawasan dataran tinggi yang berada di wilayah Gerem, Merak. Tempat ini mempunyai topografi berupa pegunungan granit yang saling berjajar membentuk semacam pintu gerbang, dalam bahasa Jawa disebut dengan Lawang. Dari itu kemudian daerah ini diberi nama Gunung Batu Lawang.
Dari puncak Gunung Batu Lawang ini akan terlihat jelas pemandangan hamparan pesisir sebelah barat kota Cilegon dengan lautnya yang biru. Tentu saja untuk menyaksikan pemandangan yang indah ini traveler harus rela hiking ataupun trekking melibas medan yang terjal. Pemandangan di puncak gunung ini sepadan dengan usaha yang telah dilakukan.

2. Gunung Batur

Cilegon mempunyai tempat wisata yang namanya sama dengan tempat wisata yang ada di Pulau Dewata. Tempat wisata tersebut bernama Gunung Batur yang tidak lain adalah tujuan wisata agro di Kota Baja. Meski menyandang sebagai wisata agro bukan bukan berarti tempat ini berisi perkebunan sayur, buah atau teh layaknya di kawasan Bandung.
Gunung Batur adalah spot untuk melakukan berbagai kegiatan outdoor seperti kemping, hiking, gantole serta belajar aneka flora dan fauna. Letaknya berada sekitar 8 kilometer dari pusat kota Cilegon atau tepatnya berada di kecamatan Pulomerak. Selain menawarkan kegiatan petualangan, tempat yang satu ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah dari puncak gunungnya.








3. Pulau Merak,
Mau ngadem di pulau yang terpisah dari daratan utama Kota Cilegon? Menyeberang saja ke Pulau Merak yang berada tepat di seberang pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni. Pulau Merak sendiri terdiri dari pulau Merak Besar dan pulau Merak Kecil. Keduanya sama-sama memiliki pesona yang keren untuk liburan.









Pulau Merak Kecil, via instagram
Pulau Merak Kecil, via instagram

Pulau Merak Besar menyimpan berbagai macam flora dan fauna. Dengan kondisi alam yang masih asri dan tak berpenghuni pulau ini menawarkan pengalaman berlibur di tempat yang alami. Di pulau ini pula terdapat monumen tsunami Gunung Krakatau di tahun 1883. Sedangkan pulau Merak Kecil letaknya ada di barat daya pulau Merak Besar. Pulau ini menyimpan gugusan koral yang indah. Kedua pulau ini berfungsi sebagai penghalang ombak menuju pelabuhan Merak.

4. Pantai Kelapa Tujuh, Sisi Alami Pelabuhan Merak

Salah satu fasilitas negara yang berada di kota Cilegon adalah Pelabuhan Merak yang melayani penyeberangan menuju Pulau Sumatera hingga difungsikan pula sebagai pelabuhan bongkar muat barang. Sudah pasti yang ada di benak traveler tentang kawasan ini adalah suasana ramai dengan pantai yang kumuh. Tapi tidak begitu kenyataannya jika kalian mau bergerak sedikit ke utara pelabuhan Merak.









Pantai Kelapa Tujuh, via instagram
Pantai Kelapa Tujuh, via instagram

Tidak jauh dari pelabuhan Merak terdapat pantai dengan suasana yang masih alami bernama Pantai Kelapa Tujuh. Pantai ini punya ombak yang landai sehingga cukup aman untuk digunakan berenang oleh para pengunjung. Lokasinya berada di kota Cilegon, Banten sekitar 9 km dari pintu Tol Jakarta – Merak, kearah utara pelabuhan penyeberangan Merak. Panorama di pantai ini cukup apik dengan kapal-kapal besar lalu lalang di tengah laut serta kawasan asri di pesisir yang merupakan bagian dari lereng Gunung Batur.

5. Pantai Pulorida, Inilah Florida Ala Cilegon

Tempat wisata berikutnya ini memiliki nama yang sangat unik. Adalah pantai Pulorida, namanya mengingatkan kita pada salah satu pantai paling populer di Amerika, pantai Florida. Pantai ini berjarak sekitar 4 kilometer dari pelabuhan penyeberangan Merak atau tepatnya masuk dalam wilayah kelurahan Lebakgede, kecamatan Pulomerak.









Pantai Pulorida, via instagram
Pantai Pulorida, via instagram

Karena kemiripan nama inilah Pantai Pulorida menjadi incaran traveler dari dalam dan luar negeri. Apalagi pemandangan di pantai ini juga cukup keren dengan adanya Pulau Temposo di tengah laut yang punya pasir pantai putih dan laut yang jernih. Namun berita buruk kemudian datang saat Cilegon menasbihkan diri sebagai kota industri. Kawasan pantai yang semula digunakan sebagai wisata kini telah dibanguni pabrik-pabrik yang sedikit banyak mencemari laut sehingga banyak fasilitas akomodasi yang gulung tikar bahkan wisatawan pun kini jarang terlihat di pantai ini.

6. Batu Gambir, Wisata Alam Untuk Menenangkan Pikir

Setelah dimekarkan dari wilayah Serang, kota Cilegon bertransformasi menjadi kota industri yang sangat maju. Bangunan bertingkat dan pabrik-pabrik mulai bertebaran seantero wilayahnya hampir tidak menyisakan ruang untuk bernafas. Maka dari itu jika kamu rindu dengan suasana alami penuh pepohonan hijau dan udara yang tidak berpolusi salah satu caranya adalah dengan hiking ke kawasan Batu Gambir.









Batu Gambir, via instagram
Batu Gambir, via instagram

Batu Gambir adalah kawasan perbukitan di Merak, Cilegon. Tempat ini sangat pas untuk merefresh pikiran dan menikmati suasana alam yang asri dan sejuk karena banyak pepohonan tumbuh di kawasan ini. Batu Gambir sangat berpotensi dikembangkan sebagai tujuan wisata alam di kota Cilegon. Traveler bisa menemukan tempat ini dengan cara mengambil jalan menuju ke arah Merak. Dari sana disarankan untuk bertanya warga agar tidak tersesat.

7. Rawa Arum, Tempat Wisata yang Menyimpan Cerita Misteri

Beralih ke kecamatan Grogol, kota Cilegon ada tempat wisata danau bernama Rawa Arum. Arum dalam bahasa setempat mempunyai arti harum. Hal ini merujuk pada cerita misteri yang beredar di kehidupan warga sekitar rawa.









Rawa Arum, via instagram
Rawa Arum, via instagram

Konon setiap malam Rawa Arum selalu mengeluarkan bau harum bunga teratai putih. Menurut legenda danau ini dulunya adalah kawasan pemukiman yang tenggelam dan tidak pernah muncul kembali. Rawa Arum bisa traveler temukan dengan mengambil rute menuju ke Cilegon-Pulomerak.

8. Pantai Sumur, Alternatif Pantai yang Bersih dan Alami

Mungkin cukup sulit menemukan pantai yang bersih dan alami di kota Cilegon karena umumnya pantai-pantai di kota ini berada di kawasan industri meski bersih suasananya tetap kurang representatif untuk liburan. Nah, untuk itu kalau mau menikmati sensasi mantai yang sesungguhnya traveler harus rela sedikit melipir keluar kota Cilegon menuju kabupaten Pandeglang yang letaknya kebetulan tidak terlalu jauh namun tetap harus melintasi Serang dulu.









Pantai Sumur, via instagram
Pantai Sumur, via instagram

Tempat yang akan kita kunjungi adalah Pantai Sumur. Pantai ini memiliki nama asli Pantai Ciputih dan letaknya ada di kecamatan Sumur, kabupaten Pandeglang. dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Jalur yang dilewati untuk menuju ke pantai ini adalah lewat Serang, Pandeglang, Panimbangan, Cibaliung dan Sumur. Nikmati keindahan pantai berpasir putih, ombak tenang dan panorama alam yang asri di pantai ini.

9. Kawasan Cagar Alam Gunung Tukung Gede, Surga Tersembunyi Lain yang Wajib Dijelajahi

Karena Cilegon adalah wilayah pemekaran dari kabupaten Serang jadi wajar jika beberapa tempat wisata yang dipromosikan berada di wilayah Serang. Seperti halnya destinasi yang satu ini, Kawasan Wisata Cagar Alam Gunung Tukung Gede, tempat wisata ini terletak di daerah Gunung Sari dan Mancak, kabupaten Serang.









Kawasan Cagar Alam Gunung Tukung Gede, via instagram
Kawasan Cagar Alam Gunung Tukung Gede, via instagram

Di dalam wilayah Cagar Alam Gunung Tukung Gede mengalir dua sungai besar yang bermuara di Pantai Anyer, mereka adalah Sungai Cikoneng dan Sungai Cigandik. Dari Cilegon tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan saja. Di kawasan wisata cagar alam traveler bisa melakukan hiking sambil mempelajari keanekaragaman hayati serta menikmati suasana asri jauh dari bising suasana kota.

10. Kolam Renang Metro, Pilihan Tempat Bermain Air yang Aman dan Nyaman

Berenang dilaut riskan tergulung ombak, salah satu cara mengakalinya adalah dengan mengunjungi water park atau pun kolam renang. Di Cilegon banyak pilihan kolam renang tapi yang tengah populer saat ini adalah Kolam Renang Metro yang terletak di kawasan perumahan Metro.









Kolam Renang Metro, via instagram
Kolam Renang Metro, via instagram

Kolam renangnya tidak terlalu besar hanya menempati lahan seluar setengah hektar tapi cukup lumayan untuk bersenang-senang apalagi telah ada beberapa fasilitas standar untuk bermain seperti perosotan air. Kolamnya pun dibagi sesuai dengan umur, ada kolam anak hingga dewasa. Bermain di kolam ini sangat nyaman karena ada beberapa life guard yang menjaga kolam untuk berjaga-jaga kalau ada yang butuh bantuan atau tenggelam.

11. Pantai Anyer, Pilihan Mantai di Sekitar Cilegon

Secara administratif obyek wisata Pantai Anyer masuk dalam wilayah kabupaten Serang namun karena aksesnya yang lebih dekat degan kota Cilegon maka pantai ini sering dimasukkan dalam daftar obyek wisata yang ditawarkan untuk mengunjungi Cilegon. Pantai dengan pasir putih dan ombak tenang ini berada di kecamatan Anyer.









Pantai Anyer, via instagram
Pantai Anyer, via instagram

Pantai Anyer telah dikenal sebagai tujuan wisata sejak tahun 1980-an dan kebanyakan mereka yang berkunjung berasal dari ibukota Jakarta. Masalah fasilitas tidak perlu diragukan sebab Pantai Anyer telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap mulai dari restoran, hotel berbintang dan sarana rekreasi lainnya.

12. Mendaki Bukit Teletubbies di Merak

Bukan hanya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saja yang punya tempat wisata berupa Bukit Teletubbies. Di Cilegon tepatnya di kawasan Suralaya, Merak juga punya bukit yang mirip dengan rumah tokoh kartun era 90-an ini. Bukit Teletubbies begitulah nama beken dari bukit tersebut.









Bukit Teletubbies, via instagram
Bukit Teletubbies, via instagram

Bukit ini sedang menjadi topik perbincangan hangat bagi para petualang. Nama asli bukit ini adalah Bukit Kembang Kuning. Nama Kembang Kemuning sendiri di dapat dari perkampungan yang ada di lereng bukit ini yang juga memiliki nama yang sama. Namun sejak setahun lalu bukit ini menjadi jujugan rekreasi para traveler. Karena keindahannya yang disebut-sebut mirip dengan bukit di film Teletubbies maka bukit ini dijuluki Bukit Teletubbies.




= Baca Juga =



Blog, Updated at: 1:40 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

---------------------------------

---------------------------------

---------------------------------



CB