TEMPAT WISATA DI LOMBOK NTB YANG COCOK UNTUK LIBURAN NATAL DAN TAHUN BARU

Posted by EDUKASI KULTUR DAN WISATA on Monday, December 12, 2016

Mau Liburan natal dan merayakan penggantian tahun baru? Jika Anda berada di Lombok, NTB berikut ini Tempat Wisata di Lombok NTB yang cocok untuk Liburan Natal dan Tahun Baru 2017
PULAU GILI – GILI, LOMBOK
Pulau Lombok dengan luas 5.435 km² memiliki banyak tempat wisata yang menarik.  Misalnya, selat Lombok yang menandai batas flora dan fauna Asia.  Mulai dari pulau Lombok ke arah timur, flora dan fauna lebih menunjukkan kemiripan dengan flora dan fauna yang dijumpai di Australia daripada Asia.  Mari kita simak tempat wisata mempesona yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

.  



Pulau Gili-gili merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari 3 pulau, yakni Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan.  Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari tiga pulau Gili. Pulau ini sangat ramai dikunjungi wisatawan sejak 1980,  ketika ada sekumpulan petualang menemukan pulau yang sangat indah ini.








Uniknya, tidak ada kendaraan sepeda motor di sini, jadi untuk menjelajah Anda perlu pakai sepeda yang disediakan di tempat persewaan.  Jenis wisata yang paling digemari oleh para wisatawan adalah snorkeling, yoga, menyelam, dan selancar.

GUNUNG RINJANI, LOMBOK

Gunung Rinjani eloratour
Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat




Gunung Rinjani merupakan ikon wisata sekaligus tempat wisata di Lombok yang paling terkenal.  Dengan ketinggian lebih dari 3,700 meter, Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.  Bagi masyarakat setempat, Gunung Rinjani mempunyai nilai spiritual tersendiri karena dianggap merupakan tempat tinggal dari pada dewa.
Gunung Rinjani dianggap sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Asia, sehingga banyak orang yang mendaki gunung ini untuk dapat menikmati pemandangan yang tiada duanya. Untuk dapat mencapai puncak Gunung Rinjani, dibutuhkan waktu beberapa hari, oleh karena itu persiapkanlah dengan matang segala kebutuhan Anda untuk pendakian ke Gunung Rinjani.
  

DANAU SEGARA ANAK, LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT

Danau Segara Anak eloratour
Danau Segara Anak, Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat



Danau Segara Anak terletak di kawah Gunung Rinjani.  Sebagian orang hingga kini meyakini jika Segara Anak merupakan bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Hal ini dikarenakan warna air danau ini yang berwarna biru, persis sama seperti warna air laut.
Untuk dapat mencapai lokasi Danau Segara Anak, kita harus berjalan kaki selama kurang lebih 9 jam dari titik akhir jalur yang dapat dilalui kendaraan bermotor, melelahkan namun tidak akan mengecewakan.  Selain panoramanya yang memukau, Segara Anak juga menjadi tempat yang nyaman untuk memancing.

TAMAN NARMADA, LOMBOK

Taman Narmada eloratour
Taman Narmada, airnya dipercaya bikin awet muda

.

Taman Narmada berlokasi di Desa Lembuak, sekitar 10 km di sebelah timur kota Mataram, merupakan replika mini dari Gunung Rinjani, selain itu terdapat juga sumber mata air dari Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat Anda awet muda jika kita membasuh muka dan meminum air nya.  Taman seluas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727.
Dulunya, taman ini digunakan sebagai tempat istirahat dan tempat upacara, namun kini taman ini telah beralih fungsi menjadi sebuah tempat wisata.

AIR TERJUN SENDANG GILE, LOMBOK

Air Terjun Sendang Gile eloratour
Air Terjun Sendang Gile, Lombok, Nusa Tenggara Barat

.  



Air Terjun Sendang Gile terletak di Desa Senaru, pintu masuk awal pendakian ke Gunung Rinjani.  Karena memiliki sumber air yang sama dengan air di Taman Narmada, air di Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya dapat membuat Anda awet muda.
Untuk dapat menikmati air awet muda di Air Terjun Sendang Gile,  kita harus menempuh perjalanana sejauh 60 km dari Kota Mataram, atau butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan, ditambah menaiki sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu.

PURA BATU BOLONG, LOMBOK

Pura Batu Bolong eloratour
Pura Batu Bolong, Senggigi, Lombok

.  


Pura Batu Bolong terletak di daerah Senggigi, Pulau Lombok.  Pura Batu Bolong berada di atas sebuah batu karang berwarna hitam yang menjorok ke arah laut.  Di bagian tengah batu karang ini terdapat sebuah lubang, sehingga pura ini dinamakan Pura Batu Bolong.
Seperti pura-pura pada umumnya di Bali, untuk dapat memasuki Pura Batu Bolong, kita harus menggunakan kain berwarna kuning di pinggang.  Pura Batu Bolong mempunyai latar belakang pemandangan Gunung Agung dan Selat Lombok, sehingga merupakan spot yang sangat indah untuk pecinta fotografi, terutama pada saat matahari terbenam.

PANTAI SENGGIGI, LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT

Pantai Senggigi eloratour
Pantai Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat

.  


Pantai Senggigi adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling ramai dikunjungi wisatawan.  Berlokasi di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi mempunyai suasana yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun dengan ombak yang lebih tenang, sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling.
Mempunyai garis pantai yang panjang, pantai ini akan memanjakan wisatawan dengan keindahan pasir pantai dan air laut yang jernih.

PANTAI KUTA LOMBOK

Pantai Kuta Lombok eloratour
Pantai Kuta Lombok.


Berada di Desa Kuta, sekitar 56 km dari kota Mataram, Pantai Kuta Lombok mempunyai pasir yang sehalus merica, oleh karena itu banyak penduduk setempat yang menyebut pantai ini sebagai Pantai Merica.
Pantai Kuta Lombok adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling indah, bahkan juga salah satu yang terindah di Indonesia. Jenis wisata yang bisa dinikmati di pantai Kuta Lombok adalah surfing.  Ombak Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu yang terbaik di dunia.
Wisata lain yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya: memancing, menyelam, snorkeling, atau berkuda.

HUTAN MONYET PUSUK, LOMBOK

Hutan Monyet Pusuk eloratour
Hutan Monyet Pusuk, Lombok, NTB


Hutan Monyet Pusuk merupakan bagian dari kawasan Gunung Rinjani, Lombok.  Sesuai namanya, hutan yang terletak di puncak Gunung Rinjani ini merupakan habitat dari ratusan monyet.  Selama berkendara di sekitar Hutan Monyet Pusuk, sebaiknya kita berhati-hati, sebab sering kali monyet-monyet  di hutan ini bermain di tengah jalan.
Hutan Monyet Pusuk biasanya menjadi tempat istirahat sekaligus tempat wisata bagi wisatawan yang sedang menuju Air Terjun Sendang Gile.

PANTAI SIRE, LOMBOK

Pantai Sire Lombok eloratour
Pantai Sire, Lombok, NTB



Pantai Sire berada di Lombok Utara, berjarak kurang lebih 35 km dari kota Mataram.  Pantai Sire adalah tempat wisata di Lombok yang menarik untuk dikunjungi karena keindahan yang ditawarkannya.  Bila cuaca sedang cerah, kita bisa melihat Gunung Rinjani dari pantai ini.
Dengan garis pantai yang panjangnya hampir 4 km, Pantai Sire menawarkan aktifitas wisata yang cukup beragam, seperti berenang, snorkeling, bermain kano, hingga memancing.

TANJUNG RINGGIT, LOMBOK

Tanjung Ringgit Lombok eloratour
Tanjung Ringgit, Lombok




Terletak di ujung tenggara Pulau Lombok, sekitar 85 kilometer dari kota Mataram, Tanjung Ringgit masih belum begitu dikenal oleh wisatawan.  Tanjung Ringgit adalah objek wisata berupa deretan tebing yang terbentang sangat panjang serta berliku-liku.
Yang paling disukai oleh wisatawan dari Tanjung Ringgit adalah keindahan panoramanya saat pagi mulai menyapa dan mentari kelihatan begitu cantiknya.  Sunrise di Tanjung Ringgit terlalu sayang untuk tidak diabadikan dengan kamera foto.

PANTAI BANGKO – BANGKO, LOMBOK

Pantai Bangko-bangko Lombok eloratour



Pantai Bangko-bangko merupakan tempat yang pas buat pecinta olahraga surfing.  Ombak Pantai Bangko-bangko masuk 10 besar yang terbaik di dunia.  Ombak dipantai ini terkenal ganas sehingga dikenal dengan nama Desert Point Beach.
Bagi wisatawan yang tidak suka surfing, aktivitas lain yang bisa dinikmati di tempat Pantai Bangko-bangko ini adalah berenang, snorkeling, memancing, atau hiking menikmati alam sekitar dengan menjelajahi hutan yang ada di sekitar pantai Bangko-bangko.
Hutan pantai Bangko-bangko merupakan Hutan Magrove yang memiliki luas sekitar 2.17 hektare.  Di tepi tebing hutan tersebut kita akan menemukan sisa reruntuhan benteng Jepang, dengan meriamnya.


TEMPAT WISATA MEMPESONA DI PULAU SUMBAWA, NUSA TENGGARA BARAT


Sumbawa, bersama dengan Lombok, merupakan pulau utama di provinsi Nusa Tenggara Barat. Keadaan geografisnya jauh berbeda dengan Lombok sebagai tetangga terdekatnya, malahan lebih mirip dengan Sumba, Flores dan gugusan pulau-pulau di sisi timur Indonesia.
Cirikhas daratannya dipenuhi oleh hamparan savana yang eksotis, pegunungan dengan pohon-pohon berdaun kecil. Hijau di saat musim penghujan, coklat saat kemarau.  Di musim kemarau pesonanya terpancar,  menggantikan warna hijau yang biasa ditemui.  Sensasi ala Afrika bisa dinikmti saat kemarau di Sumbawa.
Pulau seluas 14.386 km2 ini terbagi menjadi wilayah dari 4 Kabupaten dan 1 kotamadya: Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Bima, dan kotamadya Bima.  Selain Susu Kuda Liar dan Madu sebagai dua hal yang identik dengan Pulau Sumbawa, yuk kita simak tempat wisata mempesona di Pulau Sumbawa.

PELABUHAN TANO, SUMBAWA

Pelabuhan Tano Sumbawa eloratour



Pelabuhan Tano berada di sebelah barat Pulau Sumbawa.  Pelabuhan Tano merupakan pelabuhan yang menjadi gerbang utama dan pintu masuk para wisatawan yang akan mengunjungi Sumbawa dari Lombok.
Hamparan laut biru dipagari bukit-bukit yang hijau nan gagah menjadi daya tarik tersendiri bagi Pelabuhan Tano.  Selain berjalan-jalan dan menikmati panorama alamnya, Pelabuhan Tano merupakan spot berburu panorama alam yang menarik bagi para pecinta fotografi, khususnya fotografi alam.

GUNUNG TAMBORA, SUMBAWA

Gunung Tambora, eloratour
Gunung Tambora konon memiliki Kawah Terbesar Se-Indonesia, sumber lain mengatakan Terbesar se-Asia Tenggara.  Gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Dompu (sebagian kaki sisi selatan sampai barat laut, dan Kabupaten Bima (bagian lereng sisi selatan hingga barat laut, dan kaki hingga puncak sisi timur hingga utara.
Efek letusan Gunung Tambora pada tahun 1815 menimbulkan korban sebanyak 71.000 jiwa, dan telah menghancurkan tiga kerajaan di sekitarnya.  Kekuatan letusannya 4 kali lebih dasyat dari letusan Gunung Krakatau, Penyebab kekalahan Napoleon Bonaparté, menyebabkan A Year Without Summer” di Eropa.  Letusan gunung ini terdengar hingga pulau Sumatera yang berjarak 2000 km.
Sabanna Doro Ncanga Sumbawa eloratour



Di sisi selatan Gunung tambora, di wilayah Kabupaten Dompu, terdapat Sabana Doro Ncanga.  Sabana yang terletak di kaki Gunung Tambora sisi selatan, memiliki panorama yang indah.  Rumput akan berubah sesuai musim, dari gundul ke hijau, kemudian berubah kuning, berubah cokelat, kembali gundul, dan menghijau lagi di kala musim hujan.


PULAU MOYO, SUMBAWA

Pulau Moyo, Sumbawa, eloratour





Pulau Moyo, terletak di sebelah utara Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.  Pulau Moyo memiliki beragam keindahan alamnya yang memikat.  Pulau Moyo merupakan tempat wisata di Sumbawa yang paling dikenal, bahkan semasa hidupnya, Putri Diana (Lady Di) pernah berkunjung ke pulau ini.
Dua per tiga dari Pulau Moyo merupakan cagar alam yang menjadi habitat kawanan rusa, sapi liar, babi hutan dan burung gosong (megapodius).  Pulau ini merupakan surga bagi 86 spesies burung.

AIR TERJUN MATA JITU ( QUEEN WATERFALL ), SUMBAWA

Air Terjun Mata Jitu eloratour

Air Terjun Mata Jitu, atau dikenal juga sebagai Queen Waterfall.  Sumber : di sini

Di pulau Moyo terdapat obyek wisata air terjun, yakni air terjun Diwu Mbai dan air terjun Mata Jitu. Air Terjun  Mata Jitu juga dikenal dengan sebutan Queen Waterfall karena Lady Diana pernah berkunjung dan merasakan segarnya air terjun ini.
Air terjun dengan air yang jernih, membentuk panorama alam yang menawan.  Apalagi sekelilingnya tetumbuhan hijau masih terjaga keasriannya, menambah pesona air terjun Mata Jitu.

DESA POTO, SUMBAWA

Membuat Tenun Songket Sumbawa eloratour





Salah satu obyek wisata mempesona di Sumbawa adalah Desa Poto.  Desa wisata Poto terletak di Kecamatan Moyo Hilir, sekitar 13 km dari kota Sumbawa Besar. Kita dapat mencapai Desa Poto ini dengan menggunakan jalur darat dengan kendaraan umum.
Desa Poto ini masih sangat menjaga kelestarian budaya daerahnya.  Di Desa Poto, wisatawan dapat melihat pembuatan tenun Sumbawa, pembuatan gerabah, dan berbagai atraksi permainan rakyat seperti pacuan kuda dan karapan kerbau.  Namun, pacuan kuda dan karapan kerbau hanya dapat kita jumpai saat masa sehabis panen.

PULAU KENAWA, SUMBAWA

Pulau Kenawa Sumbawa eloratour



Pulau Kenawa merupakan pulau tanpa penduduk dengan luas kurang lebih 15 hektar.  Terletak di Sumbawa Barat, Pulau Kenawa merupakan satu tujuan wisata di Pulau Sumbawa yang terletak dekat dengan Pulau Lombok.  Dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur wisatawan naik kapal ferry menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat dengan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.  Selanjutnya dari Pelabuhan Poto wisatawan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Kenawa melalui pelabuhan nelayan yang menyediakan jasa penyeberangan
Sesampainya di dermaga Pulau Kenawa, wisatawan akan menjumpai dermaga kayu yang khas dan pemandangan mempesona dari pulau dengan hamparan pasir putih serta padang rumput yang menyejukkan mata.
Selain itu juga terdapat satu bukit kecil yang menawan.  Di sekitar padang savana yang dihiasi saung-saung kecil ini, kita  dapat mendirikan tenda dan camping untuk menikmati ketenangan dan keheningan alam.   Di saat sunrise panorama nya sangat menawan.  Keindahan pantai dan bawah lautnya juga menawan, amat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

DANAU SATONDA, SUMBAWA

Danau Satonda eloratour



Danau Satonda yang terletak di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.  Danau ini terletak disebuah pulau yang tidak berpenghuni. Untuk mencapai Danau Satonda, kita harus mendaki terlebih dulu ke puncak pulau. Dari puncak inilah kita bisa melihat Danau Satonda yang berwarna hijau dan berbentuk seperti angka 8.
Uniknya, Danau Satonda memiliki air yang rasanya lebih asin dari air laut.  Konon pada saat letusan besar Gunung Tambora beberapa ratus tahun lalu, air laut yang berada di sekitar danau ini meluap dan terperangkap dalam danau Satonda, itulah kenapa air danau Satonda berasa asin.

PANTAI SEKONGKANG, SUMBAWA

Pantai Sekongkang eloratour



Pantai Sekongkang berada di Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.  Pantai Sekongkang terkenal dengan ombaknya yang bergulung-gulung seperti yoyo. Sangat menantang para peselancar dari berbagai penjuru dunia. Bagi para fotografer yang ingin mengabadikan aksi para peselancar, Pantai Sekongkang ini sangat tepat. Sekitar 80 meter dari bibir pantai yang berpasir putih, terhampar karang-karang yang datar dan sangat dangkal. Sehingga memudahkan untuk mendekati para peselancar yang sedang beraksi di ombak yoyo tersebut
Selain pasir putihnya yang lembut berpadu dengan birunya air laut yang menghadirkan panorama memukau, Pantai Sekongkang jadi semakin indah di kala matahari terbenam.  Menikmati panorama sunset di Pantai Sekongkang akan menjadi pengalaman indah yang tak terlupakan.

BALA KUNING, SUMBAWA

Bala Kuning Sumbawa eloratour



Bala Kuning berlokasi di Jl Dr Wahidin, Sumbawa Besar.  Bala Kuning merupakan rumah tempat tinggal keluarga Sultan Sumbawa, saat ini menjadi tempat tinggal Sultan Muhammad Kaharuddin IV yang dinobatkan sebagai Sultan Sumbawa ke 17 pada 5 April 2011.
Sesuai dengan namanya, Bala Kuning yang dibangun sekitar tahun 1784 ini memiliki ornamen warna kuning.  Di Bala Kuning, kita dapat menjumpai berbagai benda pusaka Kesultanan Sumbawa, seperti mahkota, bodongsarpedang, payung kamutartear (tombak /lembing), keris, pakaian kebesaran sultan dan aneka macam pusaka lainnya.  Di Bala Kuning juga terdapat Al Qur’an ukuran besar tulisan tangan karya Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi yang dibuat pada sekitar tahun 1784.

PANTAI YOYO, SUMBAWA

Pantai Yoyo Sumbawa eloratour





Pantai Yoyo merupakan pantai eksotik yang sering menjadi tempat bertelurnya berbagai jenis penyu.  Banyak jenis penyu yang mendarat di Pantai Yoyo untuk bertelur dan memendam telur tersebut di pasir pantainya.
Ombak di pantai ini cukup keras dengan hembusan angin yang menggulung, sepertinya cocok buat penyuka surfing.  Gugusan terumbu karang, dan aneka ikan-ikan laut yang berwarna-warni menambah keindahan alam bawah laut pantai Yoyo.

PULAU PASERANG, SUMBAWA

Pulau Paserang eloratour



Pulau Paserang merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau yang diberi nama Gili Balu dengan delapan pulau berjajar di muka Pelabuhan Poto Tano. Untuk mencapainya hanya memerlukan lima belas menit menggunakan speed boat kecepatan sedang.
Pulau Paserang berkontur landai dengan sebuah bukit di bagian utara setinggi kurang lebih sepuluh meter dengan pantai pasir putih dan rerumputuan menghampar hampir seluas tiga hektar.  Pulau Paserang ini tak kalah indahnya dibandingkan dengan Pulau Kenawa.  Menyenangkan saat kita dapat menikmati pemandangan pantai dengan berjalan-jalan menyusuri pasir putihnya.

DALAM LOKA, SUMBAWA

Dalam Soka Sumbawa eloratour




Dalam Loka yang berarti Istana Tuaadalah istana yang berdiri kokoh di tengah Kota Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.  Dalam Loka berbentuk rumah panggung dengan luas bangunan kira-kira 904 meter persegi.   Istana Dalam Loka merupakan bukti sejarah yang memperlihatkan kejayaan Kesultanan Sumbawa pada zaman dulu.
Dalam Loka dibangun pada tahun 1885, pembangunannya diprakarsai Sultan Muhammad Jalaluddin Syah IIIyang menjadi Sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Bawa.  Hebatnya, bangunan ini dibangun dengan kelenturan yang tinggi apabila terjadi gempa bumi.

PANTAI MALUK, SUMBAWA

Pantai Maluk Sumbawa eloratour




Pantai Maluk terdapat di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat.  Dari Ibu Kota NTB, Mataram, dibutuhkan waktu sekitar enam jam untuk sampai ke Pantai Maluk. Sekitar dua jam perjalanan menggunakan feri dari Pelabuhan Kayangan Lombok. Selebihnya perjalanan ditempuh melalui jalur darat.
Kabupaten Sumbawa Barat memiliki beberapa pantai, diantaranya: Pantai Maluk, Pantai Sekongkang, Pantai Tropical, hingga ke Pantai Jelengah.  Diantara pantai-pantai tadi, Pantai Maluk merupakan obyek yang paling banyak menarik minat wisatawan.
Dari Pantai Maluk ini wisatawan bisa melihat pesona keindahan Teluk Maluk. Bukan hanya itu, Pantai Maluk kerap dijadikan oleh wisatawan sebagai arena berselancar.  Pecahan ombak di pantai ini menggulung hingga ketinggian di atas dua meter, tak heran jika menyedot para penggila surfing untuk menari bersama papan surfingnya di ombak Pantai Maluk.

PANTAI SILI & PANTAI MACI, SUMBAWA

Pantai Sili-Maci eloratour





Pantai Sili dan Pantai Maci berlokasi di Dusun Teloi, Desa Mata, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa. Dua pantai ini letaknya memang sangat berdekatan sehingga lebih sering disebut sebagai Pantai Sili – Maci.
Pantai Sili – Maci ini dikenal memiliki gulungan ombak yang besar dan panjang sehingga pantai ini menjadi salah satu tujuan penggila olahraga surfing.  Konon, Pantai Sili – Maci ini memiliki keganasan ombak terbaik ketiga di dunia setelah Hawaii dan Tahiti.

PANTAI KENCANA, SUMBAWA

Pantai Kencana Sumbawa eloratour



Pantai Kencana terletak 11 km dari Sumbawa Besar, kira-kira Anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 15 menit dari pusat kota untuk sampai ke Pantai Kencana. Pantai Kencana memiliki garis pantai yang melengkung di mana kedua ujungnya memiliki warna tersendiri.
Di lengkungan sebelah kanan terdapat batu karang yang senantiasa dihempas ombak. Pasirnya putih bersih dan air lautnya biru. Pantai Kencana ini sudah memiliki berbagai fasilitas, seperti hotel dan cottage yang bentuknya mirip bangunan khas daerah Sumbawa.



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 1:13 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

---------------------------------



---------------------------------

---------------------------------

CB