TEMPAT WISATA DI MAKASAR SULAWESI SELATAN TUK LIBURAN NATAL DAN PERAYAAN MALAM TAHUN BARU 2017

Posted by EDUKASI KULTUR DAN WISATA on Tuesday, December 13, 2016


Anda mau berlibur, seperti liburan natal dan tahun baru 2016. Jangan lupa ya kota Makasar Sulawesi Selatan di sana terdapat tempat wisata yang menarik. Buat anda yang mau mencari sensasi wisata saat liburan akhir pecan, natal dan perayaan tahun baru 2017 ada baiknya anda berkunjung ke tempat wisata di Kota Makassar

Berikut ini Tempat Wisata di Makasar Sulawesi Selatan yang cocok untuk liburan natal  dan perayaan malam tahun baru 2017



Pantai Losari


Pantai Losari (Tempat Wisata Di Makasar Sulawesi Selatan)

Pantai yang satu ini memang tidak asing di telinga kita karena menjadi icon dari Kota Makassar itu sendiri. Dan uniknya, kalau pantai-pantai lainnya dikenal akan keindahan warna pasirnya, namun berbeda dengan pantai yang satu ini. Karena di tepian pantai ini yang ada justru terdapat banyak beton.
Meskipun begitu, bukan berarti pantai ini tidak layak untuk dikunjungi. namun justru disini anda akan menemukan banyak fasilitas seperti banan boat, berlayar, memancing, dan lainnya. Adapun buat anda yang mempunyai hobby kuliner, di Pantai Losari terdapat banyak menu sajian seperti sop konro, coto, pisang epe dan es pallu butung.
Tempat wisata makassar yang satu ini tergolong ramai setiap waktu terutama pada sore hari, banyak orang menunggu untuk melihat indahnya proses matahari tenggelam.



Taman Nasional Banti Murung di Makassar

objek wisata di makassar
Taman NAsional Bantimurung (Tempat Wisata Di Makasar Sulawesi Selatan)
Berada di 45 KM dari titik pusat kota Makassar tepatnya di Kabupaten Maros, Taman Nasional Bantimurung ditemukan seorang ahli botani dari inggris. Karena wilayahnya yang luas yaitu 43.750 hektar, Taman Nasional ini mencakup beberapa objek wisata Makassar seperti bukit kapur, gua, dan air terjun. Adapun keunikan lainnya adalah dengan adanya 250 jenis kupu-kupu, wallace menyebut taman nasional ini sebagai tempat kerajaan kupu-kupu. Bahkan kupu-kupu itu sendiri saat ini telah dijadikan mascot Taman Nasional Banti Murung.

Pulau Kapoposang

objek wisata makassar
Pulau Kapoposang (Tempat Wisata Di Makasar Sulawesi Selatan)

Mempunyai daya tarik terumbu karang yang indah dan beranekaragam biota laut, pulau kapoposang yang menjadi bagian dari kepulauan Spermonde tepatnya terletak di Desa Mattiroujung, Kecamatan Tupabiring menjadi salah satu tempat tempat wisata makassar yang wajib anda kunjungi.


Pantai Akkarena

wisata makassar
Pantai Akkarena (Tempat Wisata Di Makasar Sulawesi Selatan)
Selain Pantai Losari yang lagi hits saat ini, objek wisata di Makassar ada juga pantai yang sudah sejak lama dibuka seperti Pantai Akkarena. Fungsi utama dari pantai ini adalah sebagai dermaga tempat berlabuhnya kapal-kapal yang mengantarkan wisatawan berkeliling di sekitar laut Makassar. Selain itu juga, di pantai ini anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam serta mencoba fasilitas lain seperti banana boat, loker, tanam hidangan, flying fish, air jetskii dan tempat parkir yang luas.


Trans Studio Makassar

tempat wisata makassar
Trans Studio (Tempat Wisata Di Makasar Sulawesi Selatan)
Selain wisata di makassar, di Makassar kini juga hadir tempat wisata modern Trans Studio berkonsep wahana bermain. Dan kerennya, didalamnya terdapat 21 wahana beserta 4 zona permainan diantaranya Studio Central, Lost City, Cartoon City dan Magic Corner.
Beralamat di Jl. H.M Dg. Patompo – Metro Tanjung Bunga, Makassar 90134 . Tempat wisata Makasar ini dibuka setiap harinya mulai pukul 10.00 – 19.00 , libur saat akhir pekan dan tanggal merah libur nasional. Sedangkan tiket masuk yang dikenakan saat hari biasa Rp. 100.000, akhir pekan Rp. 175.000 dan Rp. 200.000 untuk event tertentu.


Pemandian Air Panas Lejja

tempat wisata di makassar dan sekitarnya
Pemandian Air Panas Lejja (Tempat Wisata Di Makasar Sulawesi Selatan)
Wisata yang tidak berbeda seperti di Wisata Magelang ini terletak di kawasan hutan lindung Marioriawa Kabupaten Soppeng, pemandian air panas ini terbagi menjadi 5 kolam dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda. Cocok buat anda yang ingin sembuh dari penyakit kulit dan rematik. Ini dikarenakan pada air panas terapat kandungan belerangnya. Adapun suhu terpanas pada sumber air lejja adalah 60 derajat celcius.


Tempat Wisata lainnya di Makasar Sulawesi Selatan yang cocok untuk liburan natal  dan perayaan malam tahun baru 2017

Pulau Gusung
wisata di makassar
Pulasi Gusung (Tempat Wisata Di Makasar Sulawesi Selatan)
Di Makassar memang banyak pulau yang saat ini dijadikan destinasi wisata, salah satunya Pulau Gusung ini. Berletak tidak jauh dari Kota Makassar, untuk menuju kesana anda bisa melalui Dermaga Popsa dengan menyewa kapal yang hanya memakan waktu 10 menit. Tahukah anda ? Pulau Gusung awalnya adalah tanggul yang seiring berjalannya waktu menumpuk menjadi pasir putih sehingga terbentuk pulau kecil seperti saat ini.


Pulau Kayangan

Pulau Kayangan
Berwisata ke pulau kecil di tengah laut memang mempunyai sensasi yang berbeda. Melalui Dermaga Popsa, anda bisa coba menjelajahi pulau kayangan yang hanya berjararak 20 menit.
Meskipun hanya pulau kecil, namun banyak fasilitas yang bisa anda nikmati disini seperti resortoran, resort maupun olahraga air ( jetsky, banana boat, dan kolam renang). Kamu juga bisa menikmati indahnya gemerlap kota Makassar melalui pulau ini disaat malam hari.

Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae
Dengan berpenghuni 2000 jiwa, Pulau Lae-Lae yang merupakan peninggalan jepang ini bisa anda datangi dengan motor boat dari dermaga yang berada di depan Fort Rotterdam. Tidak terlalu jauh, hanya sekitar 10 – 15 menit. Selain menyewa balai bambu untuk bersantai ria sambil menikmati indahnya pemandangan Pulau Lae-Lae, di pulau ini sebenarnya ada situs peninggalan terowongan bawah tanah saat perang dulu. Namun, kini tidak dapat dijelajahi lagi karena jalan masuknya sudah tertimbun.

Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingaren Keke
Salah satu pulau tak berpenghuni, Pulau Kodingareng Keke berjarak kurang lebih 14 menit dari pusat Kota Makassar. Adapun daya pikat yang menjadikan tempat ini ramai karena air lautnya yang berwarna warni biru muda, biru toska sampai biru tua. Jadi, kalau anda pecinta snorkeling anda harus coba menyelam di sekitar pulau ini untuk menikmati pemandangan alam bawah laut dan biota laut yang mempesona dan tiada duanya. Namun, hal yang perlu anda perhatikan adalah bahwa di tempat ini tidak terdapat fasilitas apapun. Semua harus anda persiapkan sendiri sebelum berkunjung kesini seperti perbekalan makan, snorkeling, dll.

Pulau Bulupoloe

Pulau Bulupoloe
Pulau yang satu ini memang lain daripada yang lain. Banyak hal-hal yang harus anda buktikan disini. Mulai pegunungan, wisata bahari, pasir putih bahkan disini juga ada beberapa sumber air yang menjadi nilai tambah keunikan.
Sedangkan letak Pulau Bulupoloe ini berada di daerah Teluk Bone, dan dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke tempat ini.

Pulau Dutungan

Pulau Dutungan
Berlokasi di Desa Cilelang atau sekitar 48 KM dari Kota Baru, pulau mungil ini memiliki luas 9 Ha. Dikelilingi hamparan laut yang jernih berwana biru dan pasir putih disisi luarnya menjadikan kita betah berlama-lama disini.

Pulau Samalona

Pulau Samalona

Berletak cukup dekat dengan Pantai Losari, Pulau Samalona ini merupakan surganya terumbu karang seperti halnya Gili Trawangan yang ada di Lombok. Pulau ini sudah cukup terkenal di dunia, sehingga tidak heran lagi kalau ramai akan wisatawan lokal dan mancanegara yang datang hanya untuk menyelam dan menikmati indanya alam bawah laut. Jadi, kalau anda berkunjung ke Pantai Losari, wajib hukumnya untuk mencoba destinasi Pulau Samalona.

Tanjung Bira

Tanjung Bira
Berlokasi sangat jauh dari pusat Kota Makassar, Tanjung Bira ini mempunyai ciri khas berupa hamparan pasir putih selembut dan seputih bedak bayi yang biasa kita pakai. Selain wisatawan lokal, tempat ini juga menjadi rekomendasi wisatawan mancanegara untuk dikunjungi.
Soal fasilitas anda tidak perlu khawatir lagi, karena disini sudah cukup lengkap seperti adanya penginapan dan restoran. Biaya masuk ke Tanjung Bira pun cukup terjangkau, hanya Rp. 5.000 per orang.
Adapun biaya tambahan buat anda yang mau menyewa peralatan snorkeling sebesar Rp. 30.000 dan Rp. 65.000 untuk sewa sepeda motor per harinya.

Taman Laut Takabonerate

Taman Laut Takabonerate
Menjelajah alam bawah laut selain menarik memang mempunyai tantangan tersendiri. Dan buat anda yang hobi snorkeling, selain mencoba surga terumbu karang di Pulau Samalona, anda juga wajib mampir Taman Laut Takabonerate ini. Karena di tempat ini anda bisa menikmati panorama kehidupan hewan dan tumbuhan di bawah laut seperti ribuan penyu, ikan, terumbu karang, dan lainnya. Dan soal harga pun di tempat ini sangat terjangkau.

Pegunungan Karst

Pegunungan Karst
Bosan dengan wisata bernuansa pantai dan pulau ? Anda bisa jelajah pegunungan Kart di Maros Pangkep, Makassar. Selain udaranya yang sejuk dan dilengkapi dengan wisata lainnya seperti taman hutan, sungai, goa dan danau, Pegunungan Kart ini merupakan pegunungan kapur satu-satunya di Tempat Wisata Indonesia dan menjadi yang terluas dan terbesar No. 2 di Dunia setelah Batu Tsingy yang berada di Madagaskar.
Untuk lokasinya memang tidaklah dekat kalau anda dari Makassar, karena membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam melalui jalan darat.


Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala
Indonesia memang kaya akan destinasi tempat wisatanya terutama di Kota Makassar ini. Salah satunya adalah Air Terjun Takapala. Kalau dari Kota Makassar, ke tapakala sekitar 70 KM atau bisa ditempuh dengan waktu 2 jam melalui jalan Poros Malino.
Air terjun ini sudah tidak asing lagi karena merupakan salah atu wisata favorit buat wisatawan makassar dan sekitarnya.

Danau Tempe

Danau Tempe
Berada di bagian barat dari kabupaten Wajo, danau yang satu ini terkenal akan hasilnya yaitu ikan tawar. Selain itu, disana juga ada objek yang menarik yaitu banyaknya rumah apung sebagai tempat tinggal nelayan untuk menangkap ikan. Buat anda yang berkunjung, bisa mancing atau sekedar berkeliling di Danau Tempe dengan perahu nelayan. Dan kalau anda berkunjung di bulan agustus tepatnya tanggal 23, anda akan menemui acara ritual tahunan Macerra Tappareng untuk menyucikan danau. Prosesnya, kepala nelayan akan menyembelih seekor sapi yang akan diikuti pertunjukan seni budaya dan perlombaan.

Desa Wisata Lakkang

Desa Wisata Lakkang
Lokasi desa yang begitu asri dan sangat unik belom lagi jauh dari hiruk-pikuk kota Makassar, menjadikan desa ini ramai dikunjungi wisatawan untuk refreshing. Berletak di kecamatan Tallo, desa ini berbentuk delta karena dikelilingi oleh sungai-sungai. Selain itu, banyak objek yang memanjakan anda yang berkunjung disini yaitu seperti adanya pepohonan yang berusia tua, daerah pertanian, empang dan kawan nelayan. Dan yang tidak ketinggalan lagi adalah, adanya peninggalan bunker jepang yang berada dalam 7 titik.


Malino

Malino
Tempat wisata di makassar dan sekitarnya untuk memanjakan mata kita dari penatnya bekerja bernama Malino. Berjarak 90 KM dari Kota Makassar, anda akan bertemu dengan banyak pohon pinus dan batu kapur. Dan yang perlu diperhatikan adalah, bahwa Malino ini termasuk dataran tinggi ( -+ 1.050 mdpl ), jadi siapkan bekal / pakaian seperti jaket. Karena suhu disana cukup dingin berkisar 10-26 derajat.


Benteng Ujung Pandang ( Fort Rotterdam )

Benteng Ujung Pandang
Benteng yang menyimpan banyak filosofi ini berlokasi di dekat Pantai Losari. Dibangun pada masa raja ke-9 kerajaan Gowa-Tallo tahun 1545. Awalnya, bangun ini tak semegah saat ini, karena dibangun hanya dengan tanah liat dan putih telur. Kemudian oleh raja ke -14 disempurnakan.


Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu
Menjadi objek wisata di makassar, Benteng Somba Opu dibangun pada masa Sultan Gowa ke IX atau berkisar tahun 1925. Awal sejarahnya, benteng ini dijadikan sebagai pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah baik dari Asia maupun Eropa. Namun, tak lama kemudian di tahun 1980-an, kawasan ini dikuasai dan dihancurkan oleh VOC. Baru pada tahun 1980-an benteng ini ditemukan oleh ilmuwan dan direkontruksi biar nampak lebih baik pada tahun 1990. Di dalamnya saat ini terdapat bangunan rumah adat Sulawesi Selatan yang merupakan khas dari suku Bugis, Mandar, Makassar, dan Toraja.

Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa
Museum Balla Lompoa ini merupakan hasil rekontruksi dari Istana Kerajaan Gowa yang didirikan pada tahun 1936 oleh Raha Gowa ke-31. Seperti di dalam Benteng Somba Opu, museum ini berbentuk rumah khas bugis yang terbuat dari kayu besi atau kayu ulin. Dan tahukah anda ? bahwa bangunan inilah yang merupakan rumah panggung dengan struktur kayu terbesar di dunia.

Kawasan Adat Ammatoa

Kawasan Adat Ammatoa
Kawasan adat yang cukup unik ini terletak sekitar 56 KM dari Kota Bulukumba atau lebih tepatnya berada di Kecamatan Kajang. Dibilang unik karena pola hidup orang di daerah sini jauh dari pola hidup saat ini atau modern. Selain itu, rumahnya pun seragam menghadap kearah utara, dan berpakaian hitam dalam kesehariannya. Kepemimpinannya pun di jabat selama sumur hidup oleh orang yang bergelar Amma Toa.

Ke’te Kesu

Ke'te Kesu
Yang berarti pusat kegiatan, Ke’te Kesu ini menjadi objek wisata makassar berupa tempat berkumpulnya perkampunan, kuburan dan tempat kerajinan ukir. Pusat kegiatannya disebut Tongkonan yang berupa deretan rumah adat. Selain itu, disekitar sini terdapat bangunan megalith dan lumbung padi. Yang paling lain daripada yang lainnya lagi adalah adanya situs perkuburan tebing dengan model perkuburan bergantung.

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi
Pusat kerajinan Perahu Phinisi ini terdapat di Tana Beru yang memang sudah terkenal sebagai tempat pembuatan perahu tradisional. Kalau anda kesana nantinya, anda akan dibuat kagum. Hanya dengan peralatahan yang sederhana, masyarakat disini terlihat piawai membuat kapal. Dan ilmu yang mereka dapatkan pun hanya dari warisan nenek moyang tanpa adanya gambar. Sejarah pun tidak bisa mengelak, kalau kapal ini pada tahun 1986 mampu berlayar hingga Vancouver Kanada, Amerika Serikat.



= Baca Juga =



Blog, Updated at: 5:46 PM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

---------------------------------



---------------------------------

---------------------------------

CB