TEMPAT WISATA DI NTT (NUSA TENGGARA TIMUR)

Posted by EDUKASI KULTUR DAN WISATA on Tuesday, January 17, 2017

Mau Liburan di NTT (Nusa Tenggara Timur) ? Jika Anda sedang berada atau mau berkunjung ke NTT (Nusa Tenggara Timur) berikut ini Tempat Wisata di NTT (Nusa Tenggara Timur yang cocok untuk Liburan Anda, baik liburan akhir pekan, libur nasional, libur idul fitri, libur natal, libur tahun baru dan lainnya.


Pantai Lasiana



Pantai Lasiana adalah pantai unggulan di Kupang. Pantai ini mempunyai pasir putih dan hanparan batu karang yang ada di tepi pantai. Di sekeliling Pantai Lasiana terdapat pohon kelapa. Dapat dikatakan Pantai Laksana merupakan Brazilnya Indonesia. Pantai Lasiana sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur menghabiskan waktu luang bersama keluarga.


Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang memliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Air pantai ini berwarna biru cerah dan agak kehijauan. Pantai ini dikelilingi karang yang besar. Disebut Pasir Panjang karena pasir di sekitar pantai ini panjang dan luas.

Pantai Timor
Pantai Timor
Pantai Timor
Pantai Timor ini tak jauh dari Kampung Solor. Jika anda ingin menikmati pemandangan Pantai Timor, anda cukup membayar Rp. 1000 sudah dapat menikmati keunikan lumut yang tumbuh liar di batu karang dan memberikan kesan misterius. Pantai ini mempunyai pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Pantai Tablolong
Pantai Tablolong
Pantai Tablolong
Lokasi pantai  Tablolong agak jauh dari kota Kupang. Pantai Tablolong mempunyai keunikan tersendiri yaitu warna pasir pantainya yang berwarna merah jambu. Untuk biaya masuk, anda cukup membayar Rp. 5000 fanda sudah bisa menikmati indahnya suasana pantai dan pepohonan yang tumbuh di tas karang. Warna air di pantai ini juga unik, yaitu hijau dan biru.

Pantai Neam
Pantai Neam
Pantai Neam
Pantai Neam lebih cocok disebut pantai tanpa nama. Perlu banyak waktu untuk bisa menemukan lokasi pantai ini, kurang lebih sekitar 3 jam dan cukup menguras banyak tenaga. Perjalanan menuju pantai ini, anda harus melewati hutan belantara. Pasir di Pantai Neam mirip seperti pasir gurun Sahara dengan versi pantai. Keindahan pantai ini terletak pada ombaknya dan panorama sunset yang menutup gunung karang.

Pulau Kera
Pulau Kera
Pulau Kera (TEMPAT WISATA DI NTT)

Pulau Kera terletak di tengah laut luas dan dapat anda lihat dari tepi pantai Kupang. Anda harus menggunakan perahu nelayan untuk sampai di Pulau ini, dengan lama waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Di  Pulau Kera terdapat pasir putih dengan campuran merah karang yang terpadu warna air laut yang biru sedikit kehijauan dan keungunan.

Pulau Semau
Pulau Semau
Pulau Semau (TEMPAT WISATA DI NTT)

Pulau Semau memiliki pantai yang berpasir putih dan suasana yang cukup mistis. Di Pulau Semau terdapat mata air yang berbentuk kolam dan dikelilingi oleh pepohonan. Anda bisa mandi atau sekedar berendam di kolam mata air ini untuk merasakan kesegaran airnya.

Pantai Kolbano
Pantai Kolbano
Pantai Kolbano
Pantai Kolbano dipenuhi bebatuan. Yang paling menarik dari pantai ini adalah tidak ada pasir terhampar di pantai ini. Hanya ada bebatuan yang berwarna warni di sepanjang tepi pantai ini. Untuk menuju lokasi pantai, anda harus menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 4 jam dari Kupang lalu melewati Timor Selatan.


Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu ternyata juga mempuyai objek wisata air terjun yang sangat cantik. Air terjun ini sangat unik karena memiliki batuan yang mirip singa dan mulut gorila. Suasana di lokasi air terjun sangat sejuk karena dipenuhi banyak pepohonan.


Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala mempunyai bentuk yang unik seperti kasur. Banyak pepohonan di sekitar air terjun ini sehingga menimbulkan suasana yang sejuk. Air di sana sangat segar, pastinya anda tak mau ketinggalan menikmati keindahan air terjun ini dengan airnya yang sangatsegar.


Danau Kelimutu
Danau Kelimutu
Danau Kelimutu
Danau Lelimutu adalah danau kawah yang berlokasi di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini berlokasi di Desa Pemo, Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau ini dikenal dengan Danau Tiga Warna karena mempunyai 3 warna yang berbeda, yakni merah, biru, dan putih.


Pulau Komodo


Pulau Komodo
Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. di Pulau Komodo ini dikenal sebagai habitat asli hewan komodo yang ada di daerah ini, danm merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain itu pulau ini merupakan kawasan Taman Nasional Komodo . Pulau Komodo berlokasi di sebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan Selat Sape, Kec. Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.




pulau-komodo
Foto : Instagram @carolinasoewartan

Pulau ini merupakan habitat asli binatang komodo, sejenis kadal raksasa pemakan daging. Di Pulau Komodo terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas. Anda bisa melihat komodo yang sedang mengincar mangsanya di banyak lokasi di tempat ini. Sangat penting untuk berkeliling bersama pemandu untuk alasan keselamatan selama berada di sini. Pulau Komodo di tetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1986.

Pulau Kanawa.

pulau-kanawa

Foto : Instagram @mariastrlita

Sebelum masuk ke kawasan ini, kamu mesti bisa bedain dulu antara Kenawa dan Kanawa ya, karena Kenawa terletak di Lombok. Terletak 15 kilometer dari Labuan Bajo dan memiliki luas sekitar 32 hektar. Pulau Kanawa memiliki pasir putih dengan perpaduan airnya sangat jernih sehingga kamu dapat melihat keindahan karang bawah lautnya. Selain itu jika kamu ingin menyelam, akan menemukan beberapa hewan laut yang menakjubkan seperti manta, hiu, paus dan hewan menakjubkan lainnya.


Pulau Padar.

pulau-padar

Foto : Instagram @raisarafina

Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Di sekitar pulau ini terdapat pula tiga atau empat pulau kecil. Pulau ini memiliki pesona yang sangat eksotis. Di sini banyak orang biasa melakukan foto slfie atau bisa juga hanya sekedar menikmati pemandangan alamnya yang sangat menkjubkan. Pokoknya kalau ke Flores, kamu harus banget ke tempat ini!


Gili Laba.





gili-laba
Foto : Instagram @mahakemala

Tidak jauh dari Pulau Padar, kamu bisa berkunjung ke Gili Laba yang menjadi salah satu pulau di gugusan kepulauan di Komodo, Nusa Tenggara Timur.  Untuk menuju Gili Laba kamu dapat menyewa kapal dari Labuan Bajo, Flores, NTT atau menikmati sailing dari Lombok menuju Komodo dengan rute yang melewati Gili Laba. Disini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang sangat eksotis, Hamparan padang savana nan luas dihiasi dengan birunya laut yang mempesona, akan membuat siapa saja yang berkunjung kemari pastinya akan betah. Pulau ini di bagi menjadi dua, yaitu Gili Laba dalam dan Gili Laba luar. Di pisahkan oleh selat kecil yang menghubungkan keduanya, seringkali biasa disebut dengan pintu surga, karena pemandangan disini memang sangat indah.


Labuan Bajo.





labuan-bajo
Foto : Instagram @biancarosaa

Labuan Bajo merupakan kota nelayan yang terletak di ujung barat Flores di wilayah Nusa Tenggara. Selain sebagai kota nelayan kecil, Labuan Bajo saat ini juga telah menjadi salah satu pusat pariwisata teramai di Flores. Kota ini adalah titik singgah bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Komodo. Yang sangat menarik dari Labuan Bajo adalah saat sunset mulai mengubah warna langit menjadi jingga. Pokoknya, sunset dari sini terbilang keren untuk kamu nikmati.


Goa Batu Cermin.





goa-batu-cermin
Foto : Instagram @travelawan

Selain komodo dan pantai pink-nya yang indah, sebenarnya Labuan Bajo juga memiliki obyek wisata yang juga tak kalah menarik untuk kamu datangi. Namanya Goa Batu Cermin. Bukan berarti didalam Goa ada cerminnya lho ya. Berjarak sekitar 4 kilometer dari Labuan Bajo, kamu akan sampai di obyek wisata yang akhir-akhir ini diramaikan para traveler.
Penemu goa ini adalah Theodore Verhoven, seorang pastor Belanda yang juga seorang arkeolog, pada 1951. Obyek wisata seluas 19 hektar dengan tinggi goa sekitar 75 meter ini dipastikan ramai di siang hari. Verhoven menyimpulkan goa ini dulunya berada di bawah laut berdasarkan temuan koral dan fosil satwa laut yang menempel di dinding goa.

Desa Wae Rebo.





desa-wae-rebo
Foto : Instagram @siachiii

Ingin berkunjung ke Desa diatas awan? Berkunjunglah ke Desa Wae rebo, sebuah kampung tradisional yang letaknya di kecamatan Satarmese Barat Kabupaten Manggarai. kampung ini sangat terpencil dan berada di puncak gunung. Dengan rumah berbentuk kerucut yang merupakan rumah asli orang manggarai yang masih ada sampai sekarang. Kampung wae rebo juga merupakan kampung bersejarah di manggarai itu terbukti dari adanya mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat dan wae rebo juga merupakan situs warisan budaya dunia yg di tetapkan UNESCO. Pemandangan alam berupa gunung-gunung berpadu dengan rumah adat berbentuk kerucut akan memberi kesan tersendiri bagi setiap pengunjung yang pernah datang ke Desa Wae Rebo.

Danau Kelimutu.





danau-kelimutu
Foto : Instagram @fadliansyahtrik

Layaknya pelangi, namun berbeda warna. Danau Kelimutu menjadi salah satu keajaiban alam yang memiliki tiga warna berbeda, danau-danau unik ini merupakan bagian dari Gunung Kelimutu yang berketinggian sekitar 1.639 meter dari permukaan laut. Terletak di kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, danau unik ini dapat berubah warna dengan sendirinya tanpa dapat diprediksi, adapun beberapa warna yang pernah muncul dari ketiga danau warna warni tersebut antara lain ialah warna putih, merah, biru, hijau, coklat tua dan beberapa wana lainnya. Danau Kelimutu masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu. Menurut legenda danau kelimutu ini merupakan simbol tempat berkumpulnya jiwa jiwa orang yang sudah meninggal. Untuk mencapai Danau ini, kamu harus mendaki 2600 anak tangga.

Pulau Alor.

pulau-alor

Foto : Instagram @yoi_tours

Menjelajah Pulau Alor di NTT membuat ketagihan. Sajian pesona alam yang indah dan keramahan warga lokalnya membuat siapapun yang berkunjung ingin terus kembali kesini.Alor merupakan sebuah pulau yang terletak di ujung timur Nusa Tenggara. Pulau yang dibatasi dengan laut Flores dan laut Banda di sebelah utara. Pulau Alor juga dikenal sebagai salah satu pulau dari 92 pulau terluar di Indonesia, hal ini dikarenakan Pulau Alor berbatasan langsung dengan Timor Leste yang ada di sebelah selatan.

Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala.

air-terjun-tujuh-tingkat-oehala

Foto : Instagram @adelakartika

Air Terjun Oehala di SoE memberikan kesejukan diantara gersangnya daerah Nusa Tenggara Timur. Di pulau yang sebagian besar daerahnya ini berupa tanah dan karang ternyata banyak mengalir sumber mata air alam. Air terjun ini memiliki 4 tingkat yang harus dilalui oleh air sebelum bisa mencapai dasar air terjun. Karena ada beberapa tingkat air terjun, maka kamu bisa naik ke atas tingkat air terjun tersebut. Untuk menaikinya, kamu perlu berhati-hati dalam memanjat ya! Karena permukaan batuan yang menjadi lantai pada setiap tingkat air terjun Oehala bisa menjadi snagat licin untuk dipijak.




= Baca Juga =



Blog, Updated at: 6:43 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

---------------------------------

---------------------------------

---------------------------------



CB