TEMPAT WISATA DI JAKARTA UNTUK LIBURAN

Posted by EDUKASI KULTUR DAN WISATA on Sunday, December 18, 2016

Anda mau liburan ? Tentu momen libur akhir pekan, libur natal dan perayaan malam tahun baru biasanya momen yang biasanya kita nantikan. Bagi Anda yang akan mengadakan liburan di Jakarta. Berikut Tempat wisata di kota Jakarta yang dapat Anda pilih. Selamat menikmati Liburan di kota Jakarta 

Monumen Nasional : Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan Monasatau Tugu Monas merupakan monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang dibangun untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pendirian monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah pemerintahan presiden Sukarno, dan dibuka untuk masyarakat umum pada tanggal 12 Juli 1975. Puncak tugu dilengkapi lidah api yang dilapisi lembaran emas sebagai lambang semangat perjuangan yang terus berkobar. Monumen Nasional bertempat tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monas merupakan salah satu tempat wisata favorit masyarakat dan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.



Taman Mini Indonesia Indah
sumber gambar : iwan-uni.blogspot.com


Taman Mini Indonesia Indah : Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan sebuah daerah taman wisata dengan tema budaya Indonesia bertempat Jakarta Timur. Taman ini merupakan ringkasan kebudayaan bangsa Indonesia, yang meliputi beragam aspek kehidupan sehari-hari masyarakat di provinsi Indonesia yang disajikan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional.
Selain itu TMII juga menampilkan aneka tarian, busana dan tradisi daerah. Di tengah-tengah TMII terletak sebuah danau yang menggambarkan replika mini kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku, beragam sarana hiburan ini menempatkan TMIII sebagai salah satu tempat wisata Jakarta paling padat pengunjung di musim libur sekolah.

Wisata Ancol Dreamland. 


Ancol, Jakarta

Taman Impian Jaya Ancol (Ancol Dreamland) adalah tempat wisata di Jakarta yang paling favorit bagi masyarakat ibukota. Saat liburan tiba, tak terbayangkan betapa ramainya para pengunjung yang memadati kawasan wisata Ancol ini. Ancol dapat dikatakan sebagai tempat wisata rakyat, khususnya warga Jakarta. Lokasi yang dekat dan akses yang mudah membuat banyak keluarga datang ke salah satu wisata pantai di Jakarta ini untuk berekreasi, bermain, dan bersantai.

Tidak hanya publik Jakarta, banyak wisatawan Indonesia yang telah mengunjungi Ancol. Ancol adalah tempat wisata di ruang terbuka, tersedia banyak fasilitas hiburan, seperti Dunia Fantasi, Arena lumba-lumba, Dunia Bawah Laut, dan lainnya. Ancol telah menjadi favorit bagi tujuan wisata anak di Jakarta. Ancol juga telah menjadi destinasi wisata anak muda di Jakarta yang sangat diminati.

Harga tiket masuk ke Ancol tidaklah mahal, berkisar dari Rp 250 ribu hingga 270 ribu per orang. Jika ingin menikmati banyak aneka hiburan dan permainan di Ancol, sebaiknya Anda telah tiba di pagi hari serta bukan di saat akhir pekan (weekend). Tetapi, Anda yang menentukan.

Jika Anda ingin menjajal aneka permainan di Sea World, Dunia Fantasi (Dufan), Gelanggang Samudera, dan sebagainya, maka Anda harus membayar karcis masuk arena permainan tersebut. Masing-masing wahana permainan memiliki biaya karcis masuk tersendiri.

Pantai Ancol dapat dikatakan tidaklah bersih dan jernih akibat kelalaian pengunjung menjaga kebersihan serta tantangan polusi alam yang dihadapi kota Metropolitan Jakarta itu sendiri. Namun, pemandangan kawasan pantai di Ancol sangat menyenangkan, terlebih jika Anda sambil bersantap di resto-resto yang banyak tersedia dalam kawasan wisata pantai di Jakarta ini. Jangan khawatir, banyak pilihan resto dari harga murah hingga mahal.



Seaworld Ancol



SeaWorld Ancol merupakan sebuah kawasan yang lengkap untuk memberikan hiburan dan pendidikan khususnya dunia laut. Dalam operasionalnya, Sea World Ancol mengemban 3 misi besar yaitu: Pendidikan, Konservasi danHiburan. Melalui misi ini Sea World Ancol menempatkan diri sebagai tempat hiburan berkualitas. Dalam usaha memperkenalkan kehidupan biota yang hidup di alam, SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.
Setiap tampilan akuarium atau wahana memiliki tema khusus untuk memberikan nuansa tersendiri dalam pesan yang disampaikannya, selain itu untuk menambah pengetahuan mengenai biota yang ditampilkan maka dilengkapi juga dengan label berisi informasi mengenai biota baik secara biologis maupun keunikannya.
Berbagai macam acara dan fasilitas penunjang lainnyapun kami hadirkan untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung seperti aksi seru 2 penyelam saat Feeding show di akuarium utama, uniknya duyung menyantap rumput laut dari tangan penyelam sampai keganasan belut kerondong berebut makanannya. Bagi mereka yang ingin berinteraksi dengan biota laut terdapat juga Kolam Sentuh dan mereka ingin bertemu hewan laut dalam maka fasilitas museum yang berisi awetan hewan-hewan laut dalam menunggu disana, seperti Ikan Purba – Raja Laut (Coelacanth).
Sea World Ancol senantiasa akan menghadirkan edukasi terkini mengenai dunia air pada umumnya dan kelautan khususnya dengan berbagai biota yang dihadirkan maupun inovasi dalam tampilannya sehingga menjadi yang terdepan di Indonesia.SeaWorld Ancol merupakan sebuah kawasan yang lengkap untuk memberikan hiburan dan pendidikan khususnya dunia laut. Dalam operasionalnya, Sea World Ancol mengemban 3 misi besar yaitu: Pendidikan, Konservasidan Hiburan. Melalui misi ini Sea World Ancol menempatkan diri sebagai tempat hiburan berkualitas.
Dalam usaha memperkenalkan kehidupan biota yang hidup di alam, SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil dan 1 jenis mamalia sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.
Setiap tampilan akuarium atau wahana memiliki tema khusus untuk memberikan nuansa tersendiri dalam pesan yang disampaikannya, selain itu untuk menambah pengetahuan mengenai biota yang ditampilkan maka dilengkapi juga dengan label berisi informasi mengenai biota baik secara biologis maupun keunikannya.
Berbagai macam acara dan fasilitas penunjang lainnyapun kami hadirkan untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung seperti aksi seru 2 penyelam saat Feeding show di akuarium utama, uniknya duyung menyantap rumput laut dari tangan penyelam sampai keganasan belut kerondong berebut makanannya. Bagi mereka yang ingin berinteraksi dengan biota laut terdapat juga Kolam Sentuh dan mereka ingin bertemu hewan laut dalam maka fasilitas museum yang berisi awetan hewan-hewan laut dalam menunggu disana, seperti Ikan Purba – Raja Laut (Coelacanth). Sea World Ancol senantiasa akan menghadirkan edukasi terkini mengenai dunia air pada umumnya dan kelautan khususnya dengan berbagai biota yang dihadirkan maupun inovasi dalam tampilannya sehingga menjadi yang terdepan di Indonesia.



sumber gambar : seaworld Indonesia

Seaworld Indonesia : Seaworld Indonesia adalah sebuah replika mini pesona laut yang terdapat dalam arena wisata pertama di Telaga Golf dan kedua terpadu Ancol Jakarta Baycity.
Wilayah Seaworld sekitar 3 hektar dengan luas bangunan utama 4.500 m2 berisi beragam  akuarium, lorong Antasena (lorong bawah air), perpustakaan, museum, terapi ikan dokter, glow theatre, komputer edukatif layar sentuh berisi informasi berbagai spesies di Seaworld dan bermacam fasilitas pelengkap untuk wisatawan seperti tempat makan, toko suvenir, dan ruang serba guna. Seaworld merupakan tempat wisata Jakarta favorit tidak hanya untuk warga dalam kota bahka dari negara tetangga pun senang berkunjung ke sini.

Dunia Fantasi (Dufan)


Dunia Fantasi (Dufan) merupakan tempat wisata di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara dan memiliki banyak wahana permainan serta sebagai kawasan edutainment. Dunia Fantasi merupakan theme park pertama di Indonesia layaknya Disney Land, Universal Studios atau Trans Studio. 
Saat berkunjung ke Dufan Ancol, pengunjung akan merasakan tema-tema bernuansakan Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, dan Kalila. Dunia Fantasi Ancol dibuka untuk umum pada tahun 1985 dan hingga saat ini masih terus menambah unit wahana permainan dan kawasan bertematik.
Sebagai tujuan wisata untuk keluarga, terutama di musim liburan anak sekolah, Dunia Fantasi juga cocok untuk pengunjung yang ingin merasakan keseruan bermain di wahana permainan, menonton parade dan atraksi serta berpetualang menyusuri berbagai kawasan bertematik di Dufan. Setiap tahunnya atau musim tertentu, pengunjung dapat menikmati Promo Dufan seperti diskon tiket, beli 1 gratis 1 tiket, promo khusus pelajar hingga bonus untuk pemegang tiket annual pass.
Untuk bermain di Dufan, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi/rombongan bus terlebih dahulu harus masuk melalui komplek Taman Impian Jaya Ancol. Saat memasukin pintu gerbang, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebagai berikut, (update: 4 Agustus 2016),

Tipe TiketSenin – JumatAkhir Minggu – Liburan
PeroranganRp 25.000Rp 25.000
MobilRp 20.000Rp 20.000
MotorRp 15.000Rp 15.000

Sebagai contoh, pengunjung datang dengan mobil berisikan 4 anggota keluarga di hari Minggu. Perhitungan harga tiket masuk Ancol adalah sebagai berikut, 4 orang x Rp 25.000 = Rp 100.000 + Parkir Mobil Rp 20.000. Total harga tiket yang harus dibayarkan adalah Rp 120.000.
Pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum untuk menuju Dunia Fantasi. Alternatif transportasi yang bisa digunakan menuju Ancol yakni,
KRL Commuter Line
Menggunakan Commuter Line tidak langsung menurunkan pengunjung di Ancol, melainkan masih harus menggunakan Mikrolet atau Angkot berkode M15 / M15A dari stasiun dan turun di pintu gerbang Ancol.
  • Dari Bogor, Tujuan Kampung Badan
  • Dari Bekasi, Tujuan Jakarta Kota
  • Dari Serpong, Tujuan Kampung Badan (transit Tanah Abang)
Bus TransJakarta (“Busway”)
Menggunakan Bus TransJakarta langsung menurunkan pengunjung di Halte Ancol, berdekatan dengan pintu gerbang utama. Perlu dicatat, untuk dapat menggunakan Bus TransJakarta, penumpang tidak dapat membayar ongkos Rp 3.500 dengan uang tunai. Semua proses menggunakan kartu / e-ticketing yang bisa didapatkan via Bank DKI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, Bank BRI, dan Bank Mega.
Terdapat juga penjual kartu e-ticketing di halte dengan harga Rp 40.000 dengan isi saldo Rp 20.000. Untuk mengunjungi Ancol, pengunjung diharapkan untuk menggunakan koridor 1 dan koridor 5 lalu turun di Halte Ancol.



Jam Buka/Operasi Dufan

Senin – Jumat

10.00 – 19.00 WIB
Sabtu – Minggu – Hari Libur

10.00 – 20.00 WIB
Loket tiket tutup 1 jam sebelum jam operasi wahana permainan selesai. Tiket yang dibeli dapat dipakai seharian, mulai dari jam operasi dibuka hingga tutup.
Waktu penuh pengunjung biasa dimulai setelah makan siang atau dari jam 1 sore hingga jam 3 sore. Agar puas bermain disemua wahana permainan, pengunjung disarankan untuk datang dari pagi.
Harga Tiket Masuk Dufan
Untuk pengunjung yang ingin mengunjungi Dunia Fantasi beberapa kali dalam satu tahun, disarankan untuk membeli Tiket Annual Pass Dufan seharga Rp 350.000 (update: 4 Agustus 2016). Selama 1 tahun, pengunjung dapat dengan bebas mengunjungi Dufan sepuasnya tanpa harus membeli tiket lagi. Tiket ini bisa di beli di loket tiket Dufan, Indomaret dan 7-Eleven.
Tipe TiketHarga Tiket
RegulerRp 195.000
Sabtu – Minggu – Hari LiburRp 275.000
Annual PassRp 350.000
Macam-Macam Wahana Permainan di Dunia Fantasi
Ada berbagai macam permainan yang dapat dipilih untuk dinikmati oleh pengunjung. Namun ada beberapa wahana yang terbatas, tergantung pada usia, tinggi badan atau terlarang jika pengunjung memiliki gangguan kesehatan.
Kategori Remaja & Dewasa
permainan tornado di dunia fantasi
Permainan Tornado di Dufan. Sumber: Ridu.web.id
Halilintar
Merupakan salah satu permainan ter-favorite yang memberikan sensasi serta memacu andrenaline. Roller Coaster di Dufan ini memiliki loop trek 360 derajat, tikungan tajam serta tanjakan dan drop-down yang bisa membuat pemain berteriak histeris.
Tornado
Jika Halilintar membuat pemain merasakan G-Force, maka Tornado membuat para pemainnya lupa akan adanya gravitasi. Pemain akan dibawa tinggi ke angkasa dengan 2 lengan raksasa sebelum diputar naik turun ke berbagai arah.
Niagara-Gara
Siap-siap saja berbasah-basahan jika ingin bermain Niagara-Gara. Permainan ini akan menempatkan kamu didalam perahu berbentuk balok kayu dan mulai mengikuti arus air yang semakin lama-semakin cepat dan menanjak. Saat sudah berada diatas, saatnya untuk terjun bebas!

permainan perahu kora kora di dufan
Terombang-ambing secara ekstrim di Perahu Kora-Kora. Sumber: Travelerien.com
Kora-Kora
Tidak perlu mengkhayal untuk merasakan sensasi terombang-ambing di lautan. Permainan Kora-Kora mengajak kamu untuk naik dan duduk berhadapan didalam kapal raksasa. Kapal ini akan diayun-ayunkan, pelan-pelan dan semakin lama semakin cepat!
Hysteria
Bagaimana rasanya jatuh terjun bebas setelah naik ke ketinggian 60 meter hanya dalam waktu 4 detik? Yuk tantang diri kamu bersama teman dan kerabat!
Arung Jeram
Mau merasakan arus sungai yang kuat serta pengalaman berpetualang layaknya di hutan Amazon? Tidak kalah dengan Niagara-Gara, wisata air Arung Jeram juga terasa menantang dan pastinya membuat pakaian basah dengan air dingin yang mengalir sangat deras.
Perang Bintang
Jadilah pembela bumi dengan mengalahkan Alien dari Mars dengan setting tahun 2200. Pemain akan menaiki kapsul kecil bersama teman untuk melawan Alien yang sedang menginvasi bumi. Dipersenjatai dengan senjata canggih, sanggupkah kamu menembak semua Alien yang mengancam umat manusia?
Panic House

arung jeram di dunia fantasi ancol
Basah-basahan dulu di wahana Arung Jeram Ancol. Sumber: Ancol.com
Permainan terbaru di Dufan yang menjadi bintang di berbagai sosial media. Wahana ini merupakan wahana yang paling ditakuti dan menciptakan kepanikan bagi siapa saja yang berani memasukinya. Mau uji nyali di wahana Panic House Dufan? Jam buka mulai 12.00 WIB, dekat dengan wahana Ontang Anting.
Kicir-Kicir
Selama 2.7 menit, pemain akan diputar-putar secara ekstrim diketinggian 17 meter. Tentunya pengalaman di Kicir-Kicir jauh berbeda dengan wahana Biang Lala tapi untuk masalah keseruan, nomor 1! Permainan ini biasa dimainkan secara berpasangan.
Pontang-Pontang
Hampir sama seperti Kicir-Kicir atau Tornado, bedanya pemain tidak diputar diketinggian namun berada di level daratan. Nah masalahnya, putaran rotasinya jauh lebih cepat dan seolah-olah terasa terbanting dari sisi kiri ke kanan. Permainan ini memiliki lama 3.5 menit, mau coba?
Ombang-Ombang
Lagi-lagi permainan yang diputar, eits jangan merasa pusing dulu. Bedanya dengan wahana permainan yang berputar lainnya adalah efek gelombang yang diciptakan selama berputar. Sebentar tinggi, sebentar rendah, apakah perut kamu siap digelitik?

Kategori Anak-Anak
Tidak hanya dewasa atau remaja saja yang memiliki wahana permainan. Di Dunia Fantasi, lebih banyak lagi permainan untuk si kecil. Beberapa permainan memiliki persamaan dengan permainan untuk dewasa dan remaja namun lebih casual dan santai untuk si kecil. Berikut beberapa kategori permainan untuk si buah hati,
Wahana Putar

Treasureland - Temple of Fire di dunia fantasi
Atraksi Temple of Fire dan Efek Spesialnya. Sumber: Ancol.com
Permainan ini melibatkan pemain untuk menaiki wahana dan diputar pada ketinggian tertentu. Permainan ini aman untuk anak dan keluarga.
  • Ontang-Anting
  • Rajawali
  • Burung Tempur
  • Gajah Beledug
  • Turangga-Rangga / Komedi Putar
  • Bianglala
  • Poci-Poci

Wahana Atraksi/Teater Show 
Disini pengunjung mendapatkan kesempatan untuk menonton berbagai atraksi sesuai dengan tema yang dipilih. Di Dunia Fantasi, wahana atraksi identik dengan aksi teater dan special effect seperti ledakan, tembakan, bola api sehingga atraksi terlihat lebih nyata dan menegangkan.
  • Treasureland – Temple of Fire
  • Kalila Adventure
  • Dufan Glow “Fabulous Live Show”
  • Hello Kitty Adventure
    istana boneka dunia fantasi ancol
    Suasana Istana Boneka Dufan di Pagi Hari. Sumber: Kompasiana.com

Wahana Permainan
Si kecil dapat bermain permainan di Dunia Fantasi, sendiri atau ditemani anggota keluarga. Banyak permainan seru yang bisa dicoba anak-anak seperti
  • Alap-Alap (seperti Halilintar/Roller Coaster)
  • Baku Toki (Bom-Bom Car)
Wahana Indoor
Pengunjung memasuki ruangan atau naik ke sebuah wahana untuk memulai petualangan didalam ruangan tertutup. Biasanya selama petualangan, pengunjung akan mendapatkan berbagai pertunjukan, efek spesial serta background music yang khas.
  • Istana Boneka
  • Fantasy Light Magic of Dufan
  • Rumah Miring
Fasilitas di Dunia Fantasi
Seiring berjalannya waktu, banyak perbaikan serta kemajuan di Dunia Fantasi Ancol, khususnya dibidang pelayanan dan fasilitas penunjang seperti,
  • Toilet & Tempat Perawatan Bayi
  • Kursi Roda serta Kereta Bayi
  • ATM
  • Charging Point untuk mengisi baterai handphone pengunjung
  • Ruang Loker dan Tempat Penitipan Barang
  • Cafe & Lounge
  • Toko Hadiah dan Merchandise
  • Musholla
Makanan dan Jajanan
Dapat ditemukan juga beberapa tempat yang menjual makanan dan jajanan dibeberapa kawasan yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk makan siang hingga beristirahat sejenak.
Beberapa tempat makan yang umum dikenal antara lain seperti McDonald, Bakso A Fung, Rumah Makan Padang Simpang Raya, Yoshinoya dan lainnya.
Adapun beberapa tempat jajanan/snack selama berpetualang di kawasan Dufan antara lain Jolly Time, Shinlin Street Snack, Cha Time dan lainnya.


Wisata Kepulauan Seribu. 
Pulau Seribu
Kepulauan Seribu adalah bagian dari Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari banyak pulau dengan panorama pantai yang indah dan alam bawah lautnya yang menarik untuk dinikmati. Beberapa destinasi yang kerap dikunjungi wisatawan di Kepulauan Seribu ini adalah Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Harapan, dan Pulau Pari.

Tersedia banyak penginapan dan homestay di sana yang disewakan dengan harga yang bervariasi. Jika Anda hanya ingin mengambil pilihan seperti resort di Kepulaun Seribu, maka pulau-pulau yang harus Anda kunjungi adalah Pulau Putri, Pulau Bidadari, Pulau Bira, dan Pulau Macan.

Sebagai salah satu tujuan wisata pantai di Jakarta yang diminati banyak warga ibukota, Kepulauan Seribu menyediakan faisilitas yang baik untuk tempat menginap keluarga. Jika Anda tertarik untuk snorkel atau menyelam (diving) di sana, maka Anda harus pergi ke Pulau Sepa dan Pulau Pramuka. Di kedua pulau tersebut, tersedia dive center untuk Anda.

Untuk dapat sampai ke Kepulauan Seribu, Anda dapat pergi dari beberapa pelabuhan yang ada di Jakarta, seperti Marina Ancol, Kali Adem Muara Angke, atau pelabuhan Muara Saban di Tangerang. Namun sebaiknya Anda memiliki tempat spesifik yang ingin dituju di Kepulauan Seribu ini, misalnya Pulau Pramuka atau Tidung, dan lain-lain.

Sebagai gambaran, jika Anda melalui kaliadem, maka dari Kali Adem menuju Pulau Lancang akan dikenai biaya transportasi Rp 43 ribu per orang, menggunakan kapal cepat Katamaran dan waktu tempuh 45 menit hingga 1.5 jam. Untuk tujuan pulau yang sama, jika  Anda melalui pelabuhan Muara Saban maka biaya sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu, menggunakan kapal kayu. Jika melalui Marina Ancol, biayanya sekitar  Rp 150 ribu, dengan catatan hanya jika jumlah penumpang cukup banyak.

sumber gambar : jakarta.panduanwisata.com


Kepulauan Seribu : Wilayahnya mencakup gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Di kawasan ini terdapat pula sebuah daerah konservasi berbentuk taman nasional laut yang dinamakan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKS). Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dan di dalamnya juga bertempat daerah konservasi, maka tidaklah aneh jika pembangunan wilayah kabupaten ini lebih dititikberatkan pada pemberdayaan budidaya laut dan pariwisata.

Perlu Anda ketahui, ada banyak tersedia paket wisata ke Kepulauan Seribu yang dapat Anda pilih. Tentu saja, jika rombongan akan terasa lebih seru. Paket travel ke tempat wisata pantai di Pulau Seribu pada umumnya sudah termasuk sewa kamar, wisata sepeda, barbeque, dan sebagainya. Anda dapat memilih untuk hal ini.

Wisata Pulau Tidung. 




Pulau Tidung adalah salah satu pulau dari Kepulauan Seribu, telah menjelma menjadi destinasi wisata Jakarta yang diminati banyak warga ibukota untuk menghabiskan libur akhir pekan mereka bersama keluarga.

Wisata Pulau Tidung memiliki suasana yang tenang, karenya Pulau Tidung disukai dengan suasana pantainya yang teduh dan air laut yang tenang. Di Pulau Tidung, banyak wisatawan bersantai di saung atau di bawah pohon rindang, juga berjemur, melihat sunrise, atau menikmati permainan air seperti Banana Bout, Water Spot, Cano, Angsa Laut, jetsky.

Saat ini, ada banyak agensi yang menawarkan paket travel ke Pulau Tidung. Anda dapat memilih paket-paket wisata Pulau Tidung dari banyak agen travel di Jakarta.

Wisata Teluk Jakarta. 


Teluk Jakarta
Teluk Jakarta dikenal dengan kawasan Pulau Seribu yang menjadi satu bagian dengannya. Salah satu tempat wisata pantai di Jakarta ini adalah tempat melepas penat dan beban setelah berhari-hari bekerja.

Beberapa pilihan kegiatan wisata di Teluk Jakarta misalnya, menyewa kapal (boat) di dermaga Ancol atau perahu nelayan di Teluk Gong di Tangerang untuk memutari dan berkeliling pulau-pulau yang tersebar di Kepulauan Seribu.

Anda dapat singgah di pulau-pulau tersebut, misalnya Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, dan pulau-pulau lainnya. Di area wisata Teluk Jakarta ini, tersedia cottage-cottage yang dapat Anda sewa sebagai tempat beristirahat untuk menikmati sepoinya angin laut Jakarta, bermain di laut teluk yang dangkal, bahkan menyelam untuk melihat terumbu karang yang ada di Teluk Jakarta.

Tujuan wisata Teluk Jakata ini disukai banyak wisatawan karena telah menjadi tempat bersantai, menghirup udara segar, serta menikmati pemandangan indah. Hal yang demikian tentu saja sulit dijumpai di kota sebesar Jakarta.


Taman Impian Jaya Ancol

sumber gambar : jalanjalanindonesia.com
Taman Impian Jaya Ancol : Adalah sebuah tempat tujuan wisata di Jakarta Utara. Taman Impian Jaya Ancol merupakan komunitas modern kehidupan masyarakat sebagai simbol kebanggaan bangsa. Berusaha membangun lingkungan sosial yang lebih baik melalui tawaran hiburan berkualitas yang berunsur seni, budaya dan pengetahuan, dalam usaha mewujudkan komunitas 'Life Re-Creation'.


Kebun Binatang Ragunan



Sumber gambar independennews.wordpress.com



Kebun Binatang Ragunan : Kebun Binatang Ragunan merupakan sebuah kebun binatang yang berlokasi di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Kebun binatang dengan luas 140 hektar ini di bangun pada tahun 1864. Di dalamnya, terdapat beragam koleksi yang mencakup 295 spesies dan 4040 spesimen. Ragunanpernah ditutup selama kurang lebih tiga minggu mulai 19 September 2005 akibat hewan-hewan peliharaannya ada yang terinfeksi flu burung, kemudian dibuka kembali pada 11 Oktober. Kebun binatang ini merupakan salah satu tempat wisata Jakarta yang pada pengunjung di musim libur.


Waterborn Jakarta



Waterborn Jakarta : Tempat wisata alam terbuka yang sangat menyenangkan bagi keluarga. Namun tempat wisata ini akan penuh sesak saat musim liburan. Jika anda berminat, pastikan anda memiliki jadwal yang tepat agar kunjungan ke tempat wisata Jakarta ini tidak mengecewakan akibat penuhnya pengunjung.

Kidzania
sumber gambar : byotenega.wordpress.com


Kidzania : Kidzania merupakan tempat pusat rekreasi dengan konsep edutainmentyang sangat menarik bagi anak-anak usia 2-16 tahun beserta orang tua nya.  Kidzania didirikan secara spesifik seperti replika sebuah kota yang sebenarnya, disesuaikan dalam ukuran anak-anak, komplit dengan bagunan, jalan raya, ritel juga beragam kendaran yang lalu-lalang di seluruh kota. 

Bangunan-bangunan yang ditampilkan merupakan bangunan yang lazim ada di sebuah kota, seperti Rumah Sakit, Supermarket, Salon, Teater, Kawasan Industri, dan lainnya.Ingin mengajak anak dan keluarga ke tempat wisata Jakarta yang bisa bermain dan santai? Kidzania bisa jadi tujuan yang pas untuk itu.

Museum Bank Indonesia

sumber gambar indraprawiranegara.wordpress.com




Museum Bank Indonesia: Adalah sebuah museum di Jakarta bertempat  di Jl. Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat (depan stasiun Beos Kota), dengan menempati area bekas gedung Bank Indonesia Kota sebagai cagar budaya peninggalan De Javasche Bank dengan gaya bangunan aliran neo-klasikal, berpadu dengan pengaruh lokal, dan didirikan pertama kali pada tahun 1828.
Museum ini memberikan informasi sumbangsih Bank Indonesia dalam rangkaian sejarah bangsa yang telah dimulai sejak sebelum datangnya bangsa barat di Nusantara sampai berdirinya Bank Indonesia pada tahun 1953 beserta kebijakan-kebijakan Bank Indonesia, dan juga alasan dan akibat kebijakan Bank Indonesia pada masyarakat luas sampai dengan tahun 2005.
Penyampaian informasi dikemas sedemikian rupa dengan memadukan teknologi modern dan multi media, seperti panel statik, display elektronik, diorama dan televisi plasma sehingga memberikan kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke Museum Bank Indonesia. Selain itu terdapat koleksi benda bersejarah dan fakta kejadian pada masa sebelum berdirinya Bank Indonesia, misalnya pada masa kerajaan-kerajaan Nusantara, antara lain seperti koleksi uang numismatik yang disajikan juga secara menarik.
Wisatawan juga bisa mendapat sensasi berbeda dengan berkunjung waktu malam. Tentu saja suasana malam dapat memberi pengalaman berbeda dibandingkan kunjungan siang hari. Museum ini tentu bisa jadi tempat wisata Jakarta yang menyenangkan bersama teman atau keluarga.

Masjid Istiqlal


Sumber gambar : fatika-tika.blogspot.com


Masjid Istiqlal : Masjid Istiqlal adalah masjid negara Republik Indonesia yang bertempat di pusat ibukota Jakarta. Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Pendirian masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno di mana pemasangan batu pertama, sebagai simbol dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951.
Frederich Silaban merupakan arsitek Masjid Istiqlal. Masjid ini mengusung gaya arsitektur modern dengan lantai dan dinding berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Gedung utama masjid dimahkotai sebuah kubah besar dengan diameter 45 meter dan ditopang 12 tiang berukuran besar. Menara tunggal dengan tinggi total 96,66 meter menjulang di pojok selatan selasar masjid. Masjid ini kapasitas jemaah lebih dari dua ratus ribu orang.

Gereja Katedral Jakarta
sumber gambar : id.wikipedia.org



Gereja Katedral Jakarta: Atau Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga, De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming adalah sebuah gereja di Jakarta Pusat. Bangunan gereja ini diresmikan pada 1901 dan didirikan dengan gaya arsitektur neo-gotik Eropa, yakni sebuah arsitektur yang biasa digunakan untuk mmendirikan gedung gereja beberapa abad yang lalu. Gereja saat ini dirancang dan dimulai oleh Pastor Antonius Dijkmans dan peletakan simbolis batu pertamanya dilakukan oleh Provicaris Carolus Wenneker. 
Pembangunan ini selanjutnya dikerjakan oleh Cuypers-Hulswit ketika Dijkmans tidak lagi mengerjakannya, dan kemudian diresmikan dan diberkati pada 21 April 1901 oleh Mgr. Edmundus Sybradus Luypen, SJ, Vikaris Apostolik Jakarta. Katedral yang dikenal sekarang sebenarnya bukanlah bangunan gereja yang asli di tempat itu, karena Katedral yang asli diresmikan pada Februari 1810, tetapi pada 27 Juli 1826 bangunan Gereja itu terbakar berbarengan dengan 180 rumah penduduk di sekitarnya. Lalu pada tanggal 31 Mei 1890, Gereja itu pun pernah ambruk. Pemandangan arsitektur gereja ini bisa jadi tempat wisata Jakarta yang menarik sekaligus menambah wawasan perkembagan agama dan kebudayaan di Jakarta.

Gereja Immanuel Jakarta
sumber gambar : jakarta.cityseekr.com



Gereja Immanuel Jakarta: Mulanya adalah gereja yang didirikan atas dasar perjanjian antara umat Reformasi dan Umat Lutheran di Batavia. Pembangunannya dimulai tahun 1834 dengan mengikuti hasil rancangan J.H. Horst. Pada 24 Agustus 1835, batu pertama diletakkan. Empat tahun kemudian, pengerjaan gedung berhasil diselesaikan. Bertepatan dengan itu gedung ini diresmikan menjadi gereja dalam rangka menghormati Raja Willem I, raja Belanda pada periode 1813-1840 karenanya di gedung gereja terdapat nama WILLEMSKERK. Bagian depan gereja mengarah ke Stasiun Gambir.

Museum Layangan Jakarta
sumber gambar : www.goindonesia.com




Museum Layangan Jakarta : Museum Layang-layang Indonesia adalah sebuah museum yang dikelola swasta dengan koleksi layang-layang dari berbagai wilayah di Indonesia. Museum Layang-layang Indonesia ini berada di Jl H. Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan, yang dapat didatangi melalui Jalan Fatmawati. Menurut kabar wisawatan tidak bisa seenaknya mengambil gambar layang-layang yang dipamerkan. Jadi pastikan anda menanyakan soal ini ke petugas yang ada saat berkunjung. Bagi pecinta laying-layang, tentu tidak boleh kelupaan akan tempat wisata Jakarta yang satu ini.

Museum Wayang
sumber gambar : yoshiewafa.blogspot.com


Museum Wayang : Museum Wayang merupakan sebuah museum yang berada di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Gedung yang terlihat menarik dan unik ini telah beberapa kali mengalami perombakan. Pada awalnya gedung ini dinamakan De Oude Hollandsche Kerk ("Gereja Lama Belanda") dan didirikan pertamakali pada tahun 1640. Tahun 1732 direnoovasi dan berganti nama De Nieuwe Hollandse Kerk (Gereja Baru Belanda) hingga tahun 1808 karena hancur akibat gempa bumi di tahun yang sama. Di tempat tanah bekas puing-puing inilah didirikan gedung museum wayang dan telah diresmikan pemakaiannya sebagai museum pada 13 Agustus 1975.
Museum Wayang menampilkan berbagai bentuk dan jenis wayang dari seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari kulit dan kayu ataupun bahan-bahan lain. Wayang-wayang dari negara lain juga dipamerkan, misalnya dari Republik Rakyat Cina dan Kamboja. Tercatat Museum Wayang mengkoleksi lebih dari 4.000 buah wayang, terdiri atas wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan. Secara umum boneka yang menjadi koleksi di museum ini adalah boneka-boneka dari Eropa sekalipun ada juga yang berasal dari negara non-Eropa seperti Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia.Pecinta wayang tentu dapat memperluas wawasan dengan berkunjung ke tempat wisata Jakarta yang satu ini.
Wisatawan dapat menikmati pagelaran wayang yang diselenggarakan secara periodik pada minggu 2 dan ke 3 setiap bulannya.

Teater JKT48
sumber gambar :  jkt48.com



Teater JKT48 : Teater JKT48 merupakan teater eksklusif untuk pergelaran JKT48 dan grup-grup saudarinya. Teater ini bertempat di lantai 4 mal fX Lifestyle X'nter Jakarta. Pembukaan teater ini terlaksana pada 8 September 2012 dengan pertunjukkan setlist "Pajama Drive".

Giggle Fun Factory 



sumber gambar : www.flickriver.com




Giggle Fun Factory : Tempat bermain dengan konsep one stopping edutainmentdalam Giggle & The Fun Factory. Tempat permainan dimana anak tidak sekedar bisa bermain-main, namun juga bersenang-senang sekaligus melatih kreativitas.
Untuk bermain sepuasnya di Giggle & The Fun Factory pengunjung harus membayar tiket Rp 95.000 untuk non member, Rp 85.000 untuk member dan Rp 20.000 untuk pendamping per orang. Tempat wisata Jakarta yang ini sangat cocok untuk rekreasi bersama buah hati tercinta.

Museum Purna Bhakti Pertiwi
sumber gambar : inthacam.blogspot.com
Museum Purna Bhakti Pertiwi: Museum Purna Bhakti Pertiwi (MPBP) adalah Museum yang didirikan oleh Yayasan Purna Bhakti Pertiwi atas prakarsa Ibu Tien Soeharto. Museum yang bertempat di Jl. Taman Mini I, Jakarta 13560 ini memiliki koleksi cenderamata dan benda-benda yang bersangkut-paut dengan perjalanan tugas Presiden Republik Indonesia Ke-2, HM Soeharto.

Museum Tekstil 

sumber gambar : radiopelitakasih.com


Museum Tekstil : Bangunannya sendiri pada awalnya adalah sebuah rumah pribadi seorang warga negara Perancis yang dibangun pada abad ke-19. Lalu dibeli oleh konsul Turki bernama Abdul Azis Almussawi Al Katiri yang tinggal dan menetap di Indonesia. Selanjutnya tahun 1942 dijual ke Dr. Karel Christian Cruq. Di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, bangunan ini pernah menjadi markas Barisan Keamanan Rakyat (BKR) dan tahun 1947 dihuni oleh Lie Sion Pin. Pada tahun 1952 dibeli oleh Departemen Sosial dan pada tanggal 25 Oktober 1975 serahterimakan kepada Pemda DKI Jakarta dan kemudian pada tanggal 28 Juni 1976 diresmikan penggunaannya sebagai Museum Tekstil.


Stadion Gelora Bung Karno

sumber gambar : soccerklopedi.blogspot.com
Stadion Gelora Bung Karno : Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan sebuah stadion serbaguna di Jakarta, Indonesia dan merupakan bagian dari kawasan olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Selain menjadi tempat diadakannya acara olahraga atau acara penting yang membutuhkan kapasitas besar penonton tempat ini merupakan tempat wisata Jakarta untuk tujuan olahraga yang ideal khususnya di pagi hari atau sore hari.



Kota Tua Jakarta

sumber gambar : telusurindonesia.wordpress.com

Kota Tua Jakarta : Tempat wisata Jakarta ini juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), yaitu sebuah sebuah kawasan kecil di Jakarta. Daerah khusus ini memiliki luas wilayah 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (yaitu daerah Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). Diberi julukan "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" di abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama disebut sebagai pusat perdagangan di benua Asia karena lokasinya yang strategis dan kaya sumber daya.


Museum Arsip Nasional

sumber gambar : www.jakarta.go.id



Museum Arsip Nasional : Museum Arsip Nasional berlokasi di Jl Gajah Mada No 111, Jakarta Barat. Pada mulanya gedung ini adalah rumah mantan Gubernur Jenderal VOC, Reiner de Klerk yang dibangun pada abad ke 18. Departemen Pertambangan Hindia Belanda menduduki gedung ini sampai 1925. Setelahnya, bangunan ini digunakan sebagai “gedung arsip” dimana setelah Indonesia merdeka menjadi Gedung Arsip Nasional. Dan saat ini menjadi Museum Arsip Nasional.



Pelabuhan Sunda Kelapa
sumber gambar : jakartadailyphoto.com


Pelabuhan Sunda Kelapa: Sunda Kelapa merupakan nama pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta. Pelabuhan ini berlokasi di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sekalipun saat ini Sunda Kelapa sekedar nama salah satu pelabuhan di Jakarta, wilayah ini sangat krusial karena desa di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa merupakan cikal-bakal kota Jakarta yang ulang tahunnya ditetapkan pada tanggal 22 Juni 1527. Waktu itu Kalapa, nama aslinya, adalah pelabuhan kerajaan Pajajaran yang beribukota di Pakuan (saat ini kota Bogor) yang berhasil direbut oleh pasukan Demak dan Cirebon. Meskipun hari jadi kota Jakarta baru diresmikan pada abad ke-16, sejarah Sunda Kelapa telah dimulai jauh lebih awal, yaitu pada erapendahulu Pajajaran, yaitu kerajaan Tarumanagara. Kerajaan Tarumanagara juga pernah mengalami serangan dan penaklukan oleh kerajaan Sriwijaya dari Sumatera.Saat ini Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan tempat wisata Jakarta yang tidak kalah seru apalagi untuk objek pemotretan.

Stasiun Kota

sumber gambar : www.pasarkreasi.com


Stasiun Kota: Stasiun Kereta Api Jakarta Kota dikenal juga sebagai Stasiun Beosadalah stasiun kereta api terbesar di Indonesia dengan usia tua di Kelurahan Pinangsia, Kota Tua Jakarta. Stasiun ini merupakan satu dari sedikit stasiun di Indonesia dengan jenis terminus (perjalanan akhir), yang tidak memiliki jalur lanjutanEksistentsinya saat ini diperbincangkan akibat rencana renovasi untuk penambahan area komersial. Padahal, stasiun ini telah diresmikan sebagai cagar budaya, karena selain bangunannya kuno, stasiun ini memiliki keunikan sebagai stasiun tujuan terakhir perjalanan. Seperti halnya Stasiun Surabaya Kota atau Stasiun Semut di Surabaya yang merupakan cagar budaya. Tidak sedikit pengguna kereta api membuat Stasiun Kota sebagai tempat wisata Jakarta untuk sekedar jalan-jalan dan melihat suasana.


Taman Suropati

Sumber gambar : www.tribunnews.com 




Taman Suropati : Taman Suropati (pada mulanya bernama Burgemeester Bisschopplein) merupakan nama sebuah taman di Jakarta. Pada mulanya nama taman ini diabadikan dari nama Walikota (Burgemeester) Batavia pertama kali G.J. Bisshop (1916-1920). Taman ini adalah pusat kawasan Menteng, berada persis di antara pertemuan tiga jalan utama yaitu Menteng Boulevard (Jl. Teuku Umar), Orange Boulevard (Jl. Diponegoro) dan Nassau Boulevard (Jl. Imam Bonjol). Pada awalnyaberbentuk bukit, lalu dirombak dan sebagian tanahnya dipindahkan ke Jl. Besuki.Area lapangan mulai ditanami pohon dan bunga sejak 1920. Lapangan yang sekarang disebut Taman Suropati ini sejak tahun 1920 telah menggantikan lapangan bundar yang luas di Rencana Moojen. Taman Suropati yang sejukmulai beberapa tahun yang lalu dilengkapi dengan objek-objek patung karya pematung dari seluruh negara ASEAN. Taman ini merupakan salah satu pilihan favorit warga untuk tempat wisata Jakarta Pusat di hari libur untuk sekedar bersantai dan berolah raga.


Gedung Fatahilah
Sumber gambar ariesaksono.wordpress.com


Gedung Fatahilah : Museum Fatahillah yang dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia merupakan sebuah museum yang berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi.Bangunan ini dulu adalah sebuah Balai Kota (bahasa Belanda: Stadhuis) yang didirikanpada tahun 1707-1710 melalui perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Gedung itumirip dengan Istana Dam di Amsterdam, terdapat ruangan utama dilengkapi dua sayap di bagian timur dan barat serta gedung sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang digunakan sebagai penjara. Pada tanggal 30 Maret 1974, bangunan ini ditetapkan sebagai Museum Fatahillah.

Chinatown Jakarta (Glodok)
sumber gambar m.wisatamelayu.com



Chinatown Jakarta (Glodok): Glodok merupakan salah satu bagian dari kota lama Jakarta. Sejak era pemerintahan Hindia Belanda, wilayah ini juga populer sebagai Pecinan terbesar di Batavia. Sejumlah besar warga Glodok adalah keturunan Tionghoa.Sekarang Glodok dikenal sebagai salah satu pusat penjualan elektronik di Jakarta, Indonesia. Secara administratif, wilayah ini adalah Kelurahan yang termasuk dalamdaerah kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Ini adalah tempat wisata Jakarta bagi pencari barang elektronik.


Museum Satria Mandala
Sumber gambar museumku.wordpress.com


Museum Satria Mandala: Museum Satria Mandala merupakan museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Museum yang ditetapkan pada tahun 1972 oleh mantan Presiden Indonesia, Soeharto inimulanya adalah tempat tinggal dari salah satu istri mantan Presiden Indonesia, Soekarno, yaitu Ratna Sari Dewi Soekarno. Di dalam museum ini dapat di jumpai bermacam-macam koleksi peralatan perang di Indonesia, dari masa lalu sampai modernmisalnya koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam sampai helikopter dan pesawat terbang (satu diantaranya merupakan pesawat Cureng yang pernah dikemudikan oleh Marsekal Udara Agustinus Adi Sucipto). Selain itu museum ini juga mememiliki berbagai benda bersejarah yang berhubungan dengan TNI seperti beragam senjata berat danringan, atribut ketentaraan, panji-panji dan simbol/lambing di lingkungan TNI.Kemudian di museum ini dipamerkan juga tandu yang dipakai untuk menandu Panglima Besar Jenderal Soedirman waktu beliau bergerilya dengan keadaan sakit di tahun1940-an. Bagi pelajar atau penikmat sejarah, museum ini merupakan tempat wisata Jakarta yang wajib dikunjungi.


Museum Mandiri
sumber gambar theresiaregina.wordpress.com


Museum Mandiri : Museum ini berlokasi di Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Jakarta Barat. Museum ini juga merupakan salah satu bagian dari cagar budaya Kota Tua di Jakarta. Di bangun pada tanggal 2 Oktober 1998. Museum dengan area seluas 10.039 m2 ini pada mulanya adalah bangunan Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia yang merupakan korporasi dagang kepunyaan Belanda yangselanjutnya berkembang menjadi korporasi perbankan.

Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) dinasionalisasi tahun 1960 berubah menjadi salah satu gedung kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor Impor. Selanujutnya bersamaan dengan berdirinya Bank Ekspor Impor Indonesia (BankExim) pada 31 Desember 1968, bangunan tersebut pun beralih fungsi menjadi kantor pusat Bank Export import (Bank Exim), sampai akhirnya legal merger Bank Exim bersama Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) menjadi Bank Mandiri (1999), oleh karena itu gedung tersebut menjadi asset Bank Mandiri.

Ocean Ecopark Ancol

Sumber gambar http://www.republika.co.id


Ocean Ecopark Ancol : Ocean Ecopark Ancol menawarkan eco-learning dan eco-wisata yang memberikan edutainment dengan konsep green lifestyle yangdilengkapi beragam sarana untuk keperluan pendidikan terhadap lingkungan.Dilengkapi dengan luas lahan seluas 33,6 hektare, Ocean Ecopark disebut-sebutdapat dipergunakan sebagai paru-paru alam kota Jakarta. Ocean Ecopark Ancol yang diresmikan akhir 2010 itu terbagi dalam 4 tema yaitu: Eco Energy, Eco Care, Eco Nature dan Eco Art. Di wilayah ini juga tersedia lahan yang luas untuk anak-anak dapat merasakan seperti peternak asli.  Mereka bisa bermain sekaligusbelajar. Di area Feeding Animal terdapat kandang ternak kambing, kandangternak kelinci, , kandang ternak bebek dan lain-lain. Area ini adalah tempat wisata Jakarta yang cocok untuk arena rekreasi sekeluarga.

Museum Bahari
sumber gambar www.endangered-indonesia.com


Museum Bahari : Museum Bahari merupakan museum yang memiliki koleksi berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke yang terletak di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa. Museum merupakansalah satu dari delapan museum yang ada dalam pengawasan dari Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Museum Keramik
sumber jakarta.go.id

Museum Keramik :  Museum Seni Rupa dan Keramik berlokasi di Jalan Pos Kota No 2, Kotamadya Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Museum yangpersisnya terletak di seberang Museum Sejarah Jakarta itu memamerkankeramik lokal dari beragam wilayah di Tanah Air, dari masa Kerajaan Majapahit abad ke-14, dan dari beragam negara di dunia. Museum ini bisa menjadi tempat wisata Jakarta penambah wawasan sejarah.

Masjid Jami Angke Al Anwar



sumber gambar bujangmasjid.blogspot.com






Masjid Jami Angke Al Anwar: Masjid Angke populer dengan nama Al Anwar.Berlokasi di Jalan Tubagus Angke RT 01 RW 05, Kampung Rawa Bebek, Kel. Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Runtutan sejarah penting ikut meramaikan perkembangan masjid yang berlokasi di lingkungan perumahan masyarakat ini. Dibagian depan masjid Angke, terdapat sejumlah makam tokoh-tokoh penting. Di antara tokoh penting itu adalah makam Sultan Syech Syarif Hamid Alqadri dari pontianak, makam Syeh Djafar, dan makam Pangeran Tubagus Angke.

Candra Naya
sumber gambar adelinatampubolon.wordpress.com


Candra Naya : Candra Naya adalah sebuah daerah dekat Kota Tua Jakarta yang dipenuhi dengan gedung jaman Hindia Belanda dengan arsitektur bersejarah.

Atmosfear


sumber gambar blogenny.wordpress.com


Atmosfear : Tempat wisata Jakarta yang satu ini terletak di mal fX Sudirman di Jakarta.  Anak-anak dengan tinggi minimum 130 centimeter  dapat mencoba keberanian mereka dengan menumpangi dry-slider atau perosotan indoor berbentuk terowongan transparan berkelok-kelok yang diberi nama Armosfear



Wahana Atmosfear diproduksi dan dirancang di Jerman dengan biaya sekitar US. 1.500.000. Media hiburan ini adalah Indoor slide pertama di Asia yang berbahanstainless steel yang menutupi polikarbonat berbentuk silinder.

Mulai di f7 (lantai 7) dan berakhir di f3 (lantai 3), Atmostfear mempunyai ketinggian ± 20 meter dan panjang 46 meter tercatat dapat memberi kecepatan tempuh dengan waktu kurang lebih 6 detik.

Taman Budaya Sentul

sumber gambar tamanbudaya.co.id



Taman Budaya Sentul : Taman Budaya adalah anak Perusahaan PT Sentul City Tbk , yang didirikan pada tahun 1994 dalam manajemen PT. Gunung Geulis Elok Abadi.Terletak di kawasan Sentul City memiliki luas area 6 ha dan dikelilingi panorama4 Gunung ( Geulis, Pancar, Gede, Salak) dan 1 Bukit (Hambalang) serta memberikan penawaran 4 pilar wisata Adventure Center, Culture Center, Green Center, Facility Center membuat Taman Budaya Sebagai tempat wisata Jakarta "One Stop Tourism & Entertainment Experiences". Taman Budaya berkomitmen selalu memperbaharui program wisata dengan mengedepankan pelestarian nilai-nilai seni budaya Indonesia khususnya Jawa Barat.

Pasar Ikan Muara Angke



Sumber www.flickr.com



Muara Angke merupakan pelabuhan kapal ikan atau nelayan di Jakarta. Muara Angke juga dilengkapi penunjang kebutuhan nelayan seperti pelelangan ikan (struktur dan fasilitasnya) selain kebiasaan sebuah bandar yang dijalankan seorang syahbandar. Sekalipun dikenal masyarakat umum Jakarta sebagai kampung nelayan, tempat pelelangan dan pelabuhan ikan serta tempat makan ikan bakar, tapi Muara Angke menyimpan potensi lain. Di lokasi ini, terdapat Suaka Margasatwa Muara Angke, wilayah hutan bakau seluas 25,02 hektare yang ditinggalisetidaknya dari 90 spesies burung. Muara Angke bagian bagian dari hutan bakau terakhir yang masih ada di provinsi DKI Jakarta. Kawasan hutan Angke-Kapuk yangmencakup Hutan Lindung, Suaka Margasatwa Muara Angke dan Taman Wisata Alam Angke Kapuk adalah hutan bakau yang tersisa yang dapat dilihat di Jakarta. Area hutan ini keseluruhan sekitar 170,60 ha. Nah, Muara Angke bukan sekedar pasar ikan tempat berburu seafood saja tapi juga bisa jadi tempat wisata Jakarta bukan?

Gereja Sion

Gambar www.panoramio.com



Gereja Sion : Gereja Sion atau Portugeesche Buitenkerk atau Gereja Portugis terletakdi sudut Jalan Pangeran Jayakarta dan Mangga Dua Raya. Gedung gereja inimemperlihatkan kemegahan arsitektur serta ketahanan bagunan yang kokoh. Gereja iniadalah gedung tertua di Jakarta yang tetap dipakai untuk tujuan awal seperti saat semula dibangun. Rumah ibadah ini tetap memiliki sejumlah besar perabot yang sama juga. Gereja ini sempat dipugar pada 1920 dan pada 1978. Gedung gereja ini dilindungi oleh pemerintah melalui SK Gubernur DKI Jakarta CB/11/1/12/1972.

Museum Taman Prasasti



sumber gambar theklek.wordpress.com
Museum Taman Prasasti : Museum Taman Prasasti merupakan sebuah museum cagar budaya sisa masa kolonial Belanda yang terletak di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat. Museum ini menyimpan koleksi prasasti nisan kuno serta replika mini makam khas dari provinsi di Indonesia, termasuk koleksi kereta jenazah antik. Museum dengan luas 1,2 ha ini adalah museum terbuka yang memamerkan karya seni dari masa lalu tentang kecanggihan para pemahat, pematung, kaligrafer dan sastrawan yang menjadi satu.



Greenpark skatepark

Sumber gambar tnol.co.id


Greenpark skatepark : Bagi komunitas ‘penyuka’ skateboard, tentu tidak asinglagi dengan nama Green Park. Ini merupakan sebuah nama yang dikenal sebagaiarea bermain papan seluncur ini, tentu saja setiap harinya selalu diramaikan para skater. Tidak lain tujuannya kalau bukan untuk meningkatkan kemampuan danteknik dalam bermain skateboard. Green Park berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, lokasi pastinya berdekatan dengan Teater IMAX Keong Emas. Sesuai dengan namanya, Green Park (taman hijau) dihiasi dengan bermacam-macam pepohonan yang dibiarkan tumbuh di segala sisi tempat bermain skateboard. Dalam mencari suasana rekreasi baru, GreenPark bisa jadi tujuan tempat wisata Jakarta yang menghibur.








= Baca Juga =



Blog, Updated at: 4:00 AM

1 comments:

  1. Terima kasih telah memberikan informasi Objek wisata, karena indonesia sangat kaya sekali tempat wisata di jabodetabek dan salah satu yang paling menarik adalah tempat wisata di bali dengan berbagai macam kuliner yang lezat dan enak.

    ReplyDelete

Search This Blog

---------------------------------

---------------------------------

---------------------------------



CB